Jalur Sembalun Lagi-Lagi Longsor.

banner post atas

Sinar5news.Com – Lotim – Komandan Kodim 1615 Lombok Timur Lenan Kolonel Inf.Agus Prihanto Donny,S.IP menyampaikan sekitar pukul 14.00 wita kamis kemaren(27/02/2020) terjadi kembali tanah longsor di jalan jalur menuju Sembalun, tepatnya dari sekita Sebau sampai dengan Pusuk, karena intensitas hujan yang cukup tinggi.

Pihak Kodim 1615/Lotim yang mendapat laporan dari Koramil Sembalun, langsung bergerak cepat menuju lokasi kejadian untuk memebersihkan material longsor yang terbawa arus air. Dan anggota Koramil Sembalun juga langsung berkoordinasi dengan pihak BPBD, Camat,Kapolsek serta warga sekitar sehingga dengan cepat material longsor dapat dibersihkan.

Foto : Dandim 1615/Lotim Letkol Inf.Agus Prihanto Donny,S.IP

Akibat kejadia tersebut pengguna jalan menuju sembalun atau sebaliknya yang mau keluar dari sembalun menuju selong mengalami gangguan karena badan jalan yang dipenuhi bebatuan yang terbawa air dan longsor. Namun menurut Dandim 1615 Lotim tidak menimbulkan korban jiwa atau Nihil.

Iklan

Gangguan dalam perjalanan tersebut tidak terjadi terlalu lama karena pihak Koramil dan Kapolsek yang bekerjasama dengan masyarakat dapat dengan segera membersihkan jalan yang dipebuhi oleh bebatuan.

Menurut Agus Prihanto Donny penyebab kejadian tanah lonsor dijalur jalan sembalun tersebut dikarenakan curah hujan yang cukup tinggi diwilayah Sembalun Lombok Timur dan kondisi tanah yang labil sehingga potensi terjadinya longsor susulan di jalur dari Sebau sampai Sembalun Bumbung.

Dalam kesempatan lain Dandim 1615/Lotim Agus Prihanto Donny pihaknya dan instansi terkait tetap siap siaga untuk mengantisipasi kejadian longsor dan banjir disekitar jalur jalan Sembalun, dengan ketersediaan alat berat yang sudah disiagakan.

“Dalam upaya pencegahan tanah longsor kita sedang menyiapka bibit pohon Vetty Ver yakni jenis tanaman yang bisa dipakai untuk mencegah tanah longsor, karena tanaman Vetty Ver ini memiliki akar yang panjang sampai 50 cm mencegkram kedalam tanah. Dan ini yang ditawarkan oleh Presiden Jokowi waktu Rakernas di Sentul Beberapa waktu lalu untuk mencegah tanah longsor,” Ungkap Dandim.

BACA JUGA  DPRD Lotim Setujui RPJMD dan RPDP Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020.
FOTO : Lokasi Banjir jalur Sebau-Pusuk

Mengingat cuaca ekstrim diperkirakan masih akan terus terjadi dalam beberapa minggu terakhir ini, Dandim Letkol Inf. Agus Prihanto Donny,S.IP menghimbau kepada masyarakat agar dapat mengantisipasi akan terjadinya potensi bencana banjir, tanah longsor dan berhati-hati melewati jalur dari sekitar Lemor sampai dengan Sembalun.(Bul)