Istimewa, Sayap malaikat menaungi para penuntut ilmu

banner post atas

Menuntut ilmu merupakan salah satu bagian dari perbuatan manusia yang sangat istimewa. Dikatakan demikian, karena keadaannya yang bisa membawa kepada kebahagiaan dunia dan akhirat, serta bisa meninggikan harkat dan martabat manusia dihadapan manusia serta di hapan Allah SWT.

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (QS. al-Mujadalah : 11).

Iklan

Keistimewaan penuntut ilmu bukan hanya dilihat di dunia oleh manusia saja, akan tetapi para malaikatpun menjadi saksi terhadap apa yang dilakukan penuntut ilmu. Mereka para malaikat membentangkan sayapnya diatas kepala penuntut ilmu, karena ridha terhadap perbuatan yang dilakukan.

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : طَالِبُ الْعِلْمِ تَبْسُطُ لَهُ الْمَلَائِكَةُ أَجْنِحَتَهَارِضًابِمَايَطْلُبُ.

Rasulullah Saw. bersabda, “Terhadap orang yang mencari ilmu, malaikat membentangkan sayap-sayapnya untuknya karena rela terhadap apa yang dicari.” (HR. Ibnu Asakir)

Penuntut ilmu yang dimaksud dalam hadits diatas adalah orang yang mencari ilmu didasari dengan niat yang benar dan tulus karena Allah. Bukan untuk mencari kemewahan duni, bukan untuk dipuji, dan bukan berniat belajar supaya kelak setelah berilmu dihormati dan dimuliakan Manusia.

Demikian istimewanya perbuatan menuntut ilmu sehingga penghuni bumi dan langitpun memberikan perhatiannya kepada mereka.

Bersyukurlah kepada Allah SWT bagi yang umurnya sudah lanjut usia dan semangatnya dalam menuntut ilmu masih menggebu – gebu. Karena pada umumnya, orang yang sudah beranjak umur tua semangat menuntut ilmunya menjadi kendor, disebabkan oleh perhatiannya yang sudah terpecah kepada urusan ekonomi dan keluarga. Dan akan lebih dahsyat lagi kalau orang tua dan anak masih semangat dalam menuntut ilmu.

BACA JUGA  Dinkes Bengkulu Vaksinasi massal 1.000 Petugas Publik

Path