Hikmah Pagi Sifat Rasulullah Saw

banner post atas

صِدِّيْقٌ

“Benar Betul Jujur”.

Do’a dari yang
benar benar betul, dan betul betul benar, tidak ada dusta jujur

Iklan

(Thoif + Penaklukan kota Mekkah)

Ketika Rasul ALLAH saw dan para Sahabat dapat menakluk-kan dan memasuki kota Makkah tanpa per-tumpahan darah dan kekerasan, kemudian Rasul ALLAH saw dan para sahabat mengeluar-kan serta menghancur-kan berhala-berhala yang ada didalam Ka`bah dan yang berada di-sekeliling-nya yang jumlah-nya kurang lebih tiga ratus enam puluh buah patung ( 360 ), maka pada saat itu Hindun istri Abu Sofian datang menghampiri Beliau dan berkata dengan lantang.

Wahai Muhammad, sekarang Engkau telah dapat me-menang-kan perang ini, dan menakluk-kan kami semua, dan aku tahu bahwa engkau sakit hati serta dendam kepadaku, sekarang silah-kan apa yang Engkau akan perbuat kepadaku. Begitulah tantangan Hindun kepada Rasul ALLAH saw.

Kita tahu bahwa ayah dan saudara Hindun telah mati terbunuh oleh Hamzah bin Abdul Mutholib paman Nabi saw didalam perang Badar, oleh karena itu Hindun merasa dendam dan sakit hati, serta mencari balas untuk kematian Saidina Hamzah r.a. maka disewalah seorang pembunuh bayaran ahli pelempar lembing yang bernama Wahsyi untuk membunuh Hamzah ra.

Dan didalam perang Uhud, Hamzah ra pun terbunuh oleh lemparan lembing Wahsyi terkapar bersimbah darah melihat Hamzah terbunuh oleh Wahsyi, Hindun berlari mendekati tubuh Hamzah ra dan membelah dadanya dengan pisau serta mengeluar-kan jantung hati Hamzah dan melihat hal itu Rasul ALLAH saw merasa sedih dan terguncang hatinya, betapa tidak !!??, Namun tidak bisa berbuat apa-apa, karena pada perang Uhud ini Rasulullooh Saw dan kaum Muslimin terdesak mundur dan kalah.

Dan pada penakluk-kan kota Makkah inilah Hindun datang dengan beraninya menantang Rasul ALLAH saw, kemudian apa yang dilakukan Rasul ALLAH saw, Rasul ALLAH saw berkata dengan membaca-kan Al Qur an surat Yusuf (12) : 92.

قَالَ لَا تَثْرِيْبَ عَلَيْكُمُ الْيَوْمَ ۖ يَغْفِرُ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَهُوَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ﴿٩٢﴾ ﴿يوسف(١٢):٩٢﴾
Artinya: “Dia Yusuf berkata: “Pada hari Ini tak ada dendam dan cercaan terhadap kamu, Mudah-mudahan ALLAH mengampuni kamu, karena Dia ALLAH adalah yang sangat Maha Penyayang lagi Maha Pengampun diantara para Pengampun dan Penyayang”.

Inilah Agama Islam yang Cinta damai, sejahtera dan sentosa yang penuh dengan pengampunan, dan tidak pendendam, pembenci, apalagi kalau ada orang yang mengatakan bahwa Islam adalah perusak, kejam, teroris serta pembunuh, namun Agama Islam adalah penuh dengan Rahmat kasih sayang bagi siapa saja, apalagi bagi yang ingin tobat, dan kembali kejalan ALLAH SWT, namun kasih sayang yang berdasar-kan Hukum yang `Aadil, karena ALLAH SWT adalah Raja dan Penguasa sebagai penegak Hukum yang `Aadil dan bijaksana, Dia-lah ALLAH SWT yang nanti akan meminta per-tanggungan jawab atas apa-apa yang telah kamu perbuat atau kerjakan dimasa hidup ini. Al Qur an surat Al faa tihah .

اُدْعُوْا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَ﴿٥٥﴾. ﴿الاعراف (٧):٥٥﴾
Artinya:” Berdo`alah kepada ALLAH Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya ALLAH tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas”. Qs Al A`roof (7) : 55.

Maksudnya: melampaui batas tentang yang diminta dan cara meminta.

وَاذْكُرْ رَّبَّكَ فِيْ نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيْفَةً وَدُوْنَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ وَلَا تَكُنْ مِّنَ الْغَافِلِيْنَ﴿٢٠٥﴾. ﴿الاعراف (٧):٢٠٥﴾
Artinya:” Dan sebutlah (nama) ALLAH Tuhannmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai”. Qs Al a`roof (7):205 .

وَقَالَ رَبُّكُمُ اُدْعُوْنِيْ أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ﴿٦٠﴾.
﴿المؤمن (٤٠):٦٠﴾
Artinya:” Dan ALLAH Tuhanmu berfirman: “Berdo`alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. Qs Al Mu`min (40) : 60.

Yang dimaksud dengan menyembah-Ku di sini ialah berdo`a kepada-Ku.

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَإِنِّيْ قَرِيْبٌ أُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ﴿١٨٦﴾. ﴿البقرة (٢):١٨٦﴾
Artinya:” Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo`a apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku saja, agar mereka selalu berada dalam kebenaran”. Qs Al Baqoroh (2) : 186.

قُلْ مَا يَعْبَأُ بِكُمْ رَبِّيْ لَوْلَا دُعَاؤُكُمْ فَقَدْ كَذَّبْتُمْ فَسَوْفَ يَكُوْنُ لِزَامًا﴿٧٧﴾. ﴿الفرقان (٢٥):٧٧﴾
Artinya:” Katakanlah : “ALLAH Tuhanku tidak mengindahkan kamu, melainkan kalau ada DO`A ibadatmu. (Tetapi bagaimana kamu beribadat kepada-Nya), padahal kamu sungguh Telah mendustakan-Nya? Karena itu kelak (azab) pasti (menimpamu)”. Qs Al Fur Qon (25) : 77

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّوْا دَعْوَاتُهُمْ, أَلصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرْ, أَلْاِمَامُ الْعَادِلُ, أَلدَّعْوَةُ الْمَظْلُمْ وَاتَّقُوْا دَعْوَةَ الْمَظْلُمْ فَاِنَّهَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الله حِجَابْ. (الحديث)
Artinya:” Ada Tiga golongan yang tidak ditolak do`anya oleh ALLAH yaitu, Orang yang berpuasa sampai berbuka, pemimpin yang adil, dan do`anya orang yang dizolimi, dan takutlah pada orang yang dizolimi, karena diantara dia dan ALLAH tiada hijab”. Al Hadits.

Semoga Allah SWT memberikan Ridho Nya berkah nikmat karunia bimbingan hidayah petunjuk ya sobat dan saudara saudari ku yang mulia

Aamiiin Yaa Robbal’Aalamiin