H.Najamuddin Mustapa : Prihatin Dengan Kekeringan di Lotim. Rakyat Beli Air Rp.600 ribu/Bulan.

Foto : H.Najamuddin Mustapa Bersama Masyarakat dalam Acara Reses.
banner post atas

Sinar5news.Com – Lombok Timur – Anggota Komisi I DPRD NTB Dapil Lombok Timur, H.Najamuddin Mustopa, mengaku sangat prihatin dengan kondisi masyarakat Lombok Timur yang setiap tahun berhadapan dengan persoalan kekeringan, sehingga pihaknya dari DPRD NTB akan meminta kepada Gubernur dan Bupati Lombok Timur bersinergi untuk mengatasi persoalan darurat kekeringan yang melanda Kabupaten Lombok Timur.

“Saya akan membicarakan persoalan kekeringan ini dengan Gubernur, dan kami dari DPRD NTB dalam menyalurkan aspirasi masyarakat akan mencoba untuk membuat embung-embung rakyat dan sumur Bor untuk mengatasi kekeringan yang setiap tahun terjadi,” Ungkap H.Najamudinn disaat melakukan Reses di wilayah Gereneng Kecamatan Sakra Timur. Selasa (06/10/2020)

Iklan

Ia sangat menyayangkan kepada Pemerintah Daerah yang terlihat kurang serius memperhatikan kondisi masyarakat yang pada setiap tahunnya selalu berhadapan dengan persoalan kekeringan. Masyarakat dibagian selatan dalam musim kemarau, biaya hidup mereka bertambah karena harus beli air, sementara pendapatan mereka menurun karena lahan pertanian tidak bisa dikerjakan.

“Coba bayangkan harga air untuk kebutuhan keluarga masyarakat diwilayah selatan seperti di Kecamatan Jerowaru atau Desa Pemongkong dan sekitarnya perbulan Rp.600 ribu. Sementara mereka adalah petani. Bagaimana mereka akan bisa beli air karena lahan pertanian sebagai sumber pendapat mereka sama sekali tidak bisa ditanami,”.katanya dengan nada prihatin.

H.Najamuddin juga mengingatkan kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, bahwa bencana kekeringan ini adalah bencana yang rutin terjadi setiap tahun, bahkan bisa dikatan bencana wajib yang dialami oleh masyarakat, terutama di Lombok Timur bagian selatan.

“Pemda Lombok Timur harus focus dengan pengentasan darurat kekeringan ini, karena ini kan bencana terjadi tiap tahun, bahkan bisa kita katakana wajib kita alami atau kita temukan setiap akhir tahun seperti sekarang ini. Untuk itu mari kita bersinergi baik Pemda Provinsi dan Kabupaten, kita memprogram pembangunan yang monumental , yang sekali kita membangun untuk seterusnya masyarakat tidak akan merasakan kekeringan atau beli air lagi,” Harapnya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga sebagai Ketua Dewan Kehormatan DPRD NTB itu, dikenal cukup aktif turun lapangan untuk menghimpun dan mendengar apa yang menjadi keinginan atau aspirasi dari masyarakat NTB, terlebih lagi masyarakat Lombok Timur. sehingga H.Najamuddin sering gerah dengan kebijakan Pemda yang dianggap kurang tepat.