Animo Masyarakat Lansia di Kecamatan Sikur Untuk di Vaksin Cukup Tinggi, Puskesmas Sikur Lampaui Target.

Animo Masyarakat Lansia di Kecamatan Sikur Untuk di Vaksin Cukup Tinggi, Puskesmas Sikur Lampaui Target.

Sinar5news.Com – Lombok Timur – Bupati Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) H.M.Sukiman Azmy menginstruksikan kepada semua Tenaga Kesehatan ditingkat Puskesmas untuk bergerak secara massive melakukan Vaksinasi terhadap Penduduk Lansia (Lanjut Usia), disebabkan capaian vaksinasi Lansia baru 12%. Bahkan Bupati mensupport Puskesmas dengan bantuan Rp. 10 juta sebagai biaya antar jemput masyarakat Lansia tersebut.

Foto : Masyarakat Lansia Yang Sedang di Vaksin.

Ditempat terpisah Bupati Sukiman, mengatakan tidak ada yang disalahkan dalam capaian Vaksinasi 12% untuk lansia, karena memang pemerintah pada awalnya memprioritaskan tenaga kesehatan yang lebih awal untuk divaksin, sehingga pemerintah daerah focus kepada vaksinasi nakes dan ASN pelayan public, lalu keluar aturan untuk vaksinasi Lansia yang memang memiliki resiko tinggi dalam penularan Covid-19.

Demikian halnya dengan Puskesmas Sikur, Kabupaten Lombok Timur yang melaksanakan instruksi Bupati dengan melakukan vaksinasi terhadap Lansia, oleh tim vaksinasi dari Puskesmas Sikur yang dikawal oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kecamatan Sikur.

Foto : Lansia Yang Ngantri Untuk di Vaksin.

Kepala Puskesmas Sikur, Musdikin saat dijumpai awak mesia dilokasi vaksinasi di Kantor Desa Montong Baan, mengatakan antusiasme masyarakat Lansia untuk mendapatkan Vaksinasi ini sangat tinggi, sehingga jumlah peserta yang sudah divaksin melebihi target yang ditentukan Kabupaten.

“Target Vaksinasi untuk kami di Puskesmas Sikur, 134 orang lansia, tetapi karena antusiasme masyarakat lansia yang ingin mendapatkan vaksin ini sangat tinggi, sehingga kuota yang kami dijatahkan oleh Kabupaten Sudah melebihi dari target,” ungkap Musdikin. Selasa (27/04/2021).

Foto : Cek Up Kesehatan Sebelum di Vaksin.

Ia juga menambahkan jadwal vaksinasi untuk wilayah kerja Puskesmas Sikur, akan digelar selama 4 hari, tetapi kalau dilihat dari atusias Lansia yang ingin untuk divaksin, pihaknya merasa akan dapat melampau target yang diberikan Kabupaten.

“Jadwal Vaksinasi kami 4 hari, dengan kuota 134 orang lansia, hari pertama kemaren target kami 35 orang tetapi yang dapat kami vaksin 105 orang, sekarang hari kedua saya yakin juga akan kita dapat vaksin lansia ini lebih dari 100 orang, lalu besok dan lusa, sehingga kami optimis capaian vaksinasi kami akan jauh melebihi target,” katanya.

Musdikin sangat mengapresiasi semangat Lansia diwilayah kerjanya, yang memiliki euporia yang sangat luar biasa, karena selama ini masyarakat sering mengatakan takut untuk divaksin, tetapi pada kenyataannya masyarakat Lansia beramai-ramai datang ketempat pemberian vaksinasi.

“Ya Alhamdulillah mungkin karena sosialisasi yang terus kami lakukan melalui Posyandu, sehingga masyarakat dapat memahami manfaat dari vaksin ini, apalagi bagi masyarakat lansia yang memiliki resiko tinggi, sangat penting untuk divaksin agar tubuh mereka memiliki kekebalan dari Covid-19,” ujarnya.

Musdikin juga berharap dan menghimbau kepada masyarakat jangan takut untuk mendapatkan vaksinasi, divaksin itu tidak terasa sakit, vaksinnya sudah dijamin halal oleh MUI,kalau vaksin ini sudah diterima oleh masyarakat maka akan menimbulkan kekebalan terhadap tubuh kita.

“Mudah-mudahan dengan masivenya keinginan masyarakat untuk divaksin, maka pandemic Covid-19 ini segera berakhir, kalau covid ini tuntas, maka roda pemerintahan, ekonimi, pendidikan dan lainnya tentu akan berjalan dengan normal kembali itu yang kita harapkan,” pungkasnya. (Bul).

 

 

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA