Selamat Menempuh Hidup Baru Nanda Vicky Anjani Dengan Try Iryanto Saputra

Sinar5News.com – Bekasi – Akad nikah dalam Islam adalah hal yang sangat sakral dan suci dihadapan Allah, karena akan menyatukan dua insan yang berlainan jenis dalam kehidupan rumah tangga demi memadu rasa cinta yang mendalam secara halal guna melahirkan generasi baru untuk melanjutkan estafet kehidupan di muka bumi.

Iklan

Demikian juga akad nikah yang dilangsungkan hari ini Ahad, 22 Januari 2023 pukul 09.00 WIB antara Nanda Vicky Anjani dengan Try Iryanto Saputra di Aula Masjid Al Muhajirin Alinda Bekasi Utara. Alhamdulillah saat ini sudah sah berstatus sebagai pasangan suami istri dan akan membangun mahligai rumah tangga yang sakinah, mawaddah warahmah dan in sya Allah akan mendapatkan keturunan yang shalih dan shalihah.

Penganten wanita Nanda Vicky Anjani adalah putri ke dua dari Bapak Setyo Agus Sudarmanto dengan Ibu Sri Sumartini dan penganten pria Try Iryanto Saputra adalah putra dari Bapak Sartam, S.Sos, MM dan Ibu Cucum Sumiyati. Sebelum akad nikah berlangsung, terlebih dahulu diawali dengan serah terima antara pihak keluarga calon mempelai pria kepada calon keluarga mempelai wanita.

Serah terima keluarga calon mempelai pria diwakili oleh Tri Susanto dengan harapan agar dapat menerima dan menikahkan calon mempelai pria dengan calon mempelai wanita. Juga menyerahkan berbagai macam barang bawaan (buah tangan) untuk memperkuat tali cinta dan persaudaraan yang kuat antara keluarga besar calon mempelai pria dengan keluarga besar calon mempelai wanita.

Selanjutnya ungkapan penerimaan dari keluarga calon mempelai wanita yang diwakili oleh Ust. Marolah, S.Ag, MM, dimana dalam penyampaiannya menerima dengan senang hati calon mempelai pria dan siap dinikahkan oleh orang tua kandung dari calon mempelai wanita. Tidak lupa mengucapkan terima kasih atas segala barang bawaan keluarga besar calon mempelai pria. Juga meminta maaf bila ada kekurangan dalam penyambutan, tempat dan suguhan konsumsi.

Tibalah pada acara inti yaitu prosesi akad nikah yang sangat sakral antara Nanda Vicky Anjani bin Setyo Agus Sudarmanto dengan Try Iryanto Saputra bin Sartam, S.Sos, MM. Sebelum petugas dari KUA Kecamatan Bekasi Utara memimpin jalannya akad nikah, terlebih dahulu memeriksa berkas-berkas untuk menyesuaikan data calon mempelai wanita dan calon mempelai pria. Juga memastikan persyaratan ijab dan kabul sudah terpenuh sesuai ketentuan syariat agama Islam. Setelah semuanya sesuai dan cocok, maka bapak penghulu mempersilahkan calon mempelai wanita untuk meminta izin kepada ayahandanya agar berkenan menikahkan dengan calon mempelai pria sesuai pilihan hatinya.

Kemudian bapak penghulu mengawali dengan membacakan khutbah nikah yang isinya antara lain agar kedua calon mempelai meningkatkan ketaqwaan, menyadari bahwa menikah adalah sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang mesti ditunaikan dan hendaknya dalam menikah diniatkan untuk ibadah kepada Allah.

Setelah kedua calon mempelai membaca istighfar dan dua kalimat syahadat, maka bapak kandung sebagai wali nikah dari calon mempelai wanita menjabat erat tangan kanan calon mempelai pria dengan mengucapkan kalimat ijab (kalimat pernyataan untuk menikahkan putrinya yang bernama Nanda Vicky Anjani dengan saudara Try Iryanto Saputra). Kemudian Try Iryanto Saputra mengucapkan kalimat qabul (kalimat menyatakan menerima nikah dan kawinnya dengan Nanda Vicky Anjani sesuai maskawin yang tersebut tunai).

Dalam pernyataan ijab dari calon mempelai pria yang sangat lancar tanpa ada kesalahan sedikitpun. Akhirnya kedua saksi spontan mengatakan “sah” setelah ditanya oleh bapak penghulu. Kemudian disambut dengan rasa haru dan bahagia oleh keluarga besar kedua mempelai dan para undangan yang ikut menyaksikan acara akad nikah yang sakral ini.

Acara prosesi akad nikah dari awal hingga akhir berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Ini semua karena persiapan yang dilakukan dengan matang, disamping itu karena kompaknya para panitia dalam mengelola prosesi akad nikah ini dengan berbagai macam upaya yang sungguh-sungguh dan luar biasa dari sejak persiapan hingga pelaksanaan akad nikah pada hari ini. Yang tak kalah pentingnya juga karena acara ini di pandu oleh pembawa acara (MC) yang sudah ahli dan profesional yaitu Saptra dari Kerawang. 

Akhirnya kita ucapkan selamat menempuh hidup baru pasangan yang sah sebagai suami istri antara Nanda Vicky Anjani dengan Try Iryanto Saputra. Semoga Allah SWT menjadikan keluarganya dalam suasana penuh bahagia yang diliputi sakinah (damai, tenang dan rukun selamnya), mawaddah (cinta yang tulus bergelora di jiwa) warahmah (sayang yang sempurna dan abadi hingga ke surga). Aamiin (Mar/Red)

Bekasi, 29 Jumadil Akhir 1444 H/22 Januari 2023 M