40 HADITS IMAM NAWAWI

banner post atas

HADITS KEDELAPAN

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى الله عليه وسلم قَالَ : أُمِرْتُ أَنْ أُقَاتِلَ النَّاسَ حَتَّى يَشْهَدُوا أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ، وَيُقِيْمُوا الصَّلاَةَ وَيُؤْتُوا الزَّكاَةَ، فَإِذَا فَعَلُوا ذَلِكَ عَصَمُوا مِنِّي دِمَاءُهُمْ وَأَمْوَالُـهُمْ إِلاَّ بِحَقِّ الإِسْلاَمِ وَحِسَابُهُمْ عَلَى اللهِ تَعَالىَ
[رواه البخاري و مسلم]

Dari Ibnu Umar radhiallahuanhuma sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda : Aku diperintahkan untuk memerangi manusia hingga mereka bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah, menegakkan shalat, menunaikan zakat. Jika mereka melakukan hal itu maka darah dan harta mereka akan dilindungi kecuali dengan hak Islam dan perhitungan mereka ada pada Allah .
(Hr.Bukhori dan Muslim).

Iklan

📝Di Ceritakan Pada Zaman kekhalifahan Abu Bakar As-Shiddiq, sejumlah rakyatnya ada yang kembali kafir. Maka Abu Bakar bertekad memerangi mereka termasuk diantaranya mereka yang menolak membayar zakat . Maka Umar bin Khottob menegurnya seraya berkata : “ Ya Amirul Mu’minin Bagaimana engkau akan memerangi mereka yang mengucapkan Laa Ilaaha Illallah sedangkan Rasulullah telah melarang hal tersebut ?.
Maka berkatalah Abu Bakar : “Sesungguhnya zakat adalah haknya harta”, hingga akhirnya Umar menerima dan ikut bersamanya memerangi mereka.

📝Abdullah / Ibu Umar:
Tatkala Utsman bin Affan terbunuh, sekelompok umat Islam memaksa Abdullah Bin Umar menjadi khalifah. Mereka berteriak di depan rumah *”Anda adalah seorang pemimpin, keluarlah agar kami minta orang-orang berbaiat kepada anda ! “*

Namun Ibnu Umar menyahut, “Demi Allah, seandainya bisa, janganlah ada darah walau setetes pun tertumpah disebabkan aku.”

Massa di luar mengancam, sambil teriak “Anda harus keluar, atau kalau tidak, kami bunuh di tempat tidurmu!”
Diancam begitu agar Mau jadi Pemimpin, Ibnu Umar tak tergerak. Massa pun bubar.

BACA JUGA  Lotim Dapat Kuota Terbanyak Se Indonesia, 2.378 Orang Dari Program Keselamatan Polri