UST. H. DARMAWAN PEJUANG NW BERPULANG KE RAHMATULLAH

banner post atas

Innaa Lillaahi Wa Innaa Ilaihi Roojiuun. Salah seorang pejuang NW Ust. H. Darmawan telah berpulang ke rahmatullah menghadap kepada-Nya hari Jumat, 15 Mei 2020 pukul 09.00 WIB di kediamannya Kp. Pisangan, Rt. 006/03 Cakung Jaktim. Sungguh kematiannaya dihari yang sangat mulia bertepatan dengan hari Jumat sebagai sayyidul ayyam, semoga ini pertanda beliau husnul khatimah. Aamiin.

Almarhum adalah termasuk salah seorang dari pejuang generasi awal NW Jakarta yang terdampar di Jakarta pada tahun 1979 yang berasal dari Pancor Manis Lombok Timur. Beliau bersama puluhan orang lainnya termasuk pimpinan Ponpes NW Jakarta sekarang ini TGKH. Muhammad Suhaidi, SQ mengalami nasib yang sama.

Pada awal mulanya mereka berniat ingin pergi ke Arab sembari kerja juga menuntut ilmu di sana. Mereka telah melakukan berbagai persiapan baik berupa ongkos atau bekal lainnya untuk dapat sampai ke tanah suci. Namun tidak sesuai dengan harapan, karena pihak penyelenggara tidak amanah dalam hal ini, akhirnya mereka terdampar di ibu kota. Awalnya katanya ditampung sementara sambil menunggu waktu yang tepat untuk berangkat, tapi ditunggu sampai berbulan-bulan tidak kunjung berangkat. Bahasa kasarnya mereka ditipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Karena sudah lama di penampungan akhirnya perbekalan habis, akhirnya mereka mencari kerja apa saja yang penting bisa menghasilkan uang. Beruntung mereka kebanyakan berlatar belakang sebagai santri, mereka bisa berdakwah mengembangkan ilmu sembari bekerja. Termasuk almarhum Ust. H. Darmawan bersama TGH. Muhammad Suhaidi, SQ dan teman-teman yang lain. Mereka gigih mengajarkan ajaran Islam dengan membuka ta’lim dari rumah ke rumah.

Pada awal mulanya banyak yang menentang, karena tidak setuju dengan model pembelajaran yang dikembangkan. Tapi mereka tidak pernah berputus asa apalagi sampai meninggalkan dunia dakwah. Semakin ditekan semakin gigih dan istiqamah dalam berjuang. Akhirnya lama kelamaan banyak yang mengikuti taklimnya, akhirnya para jamaah yang sudah solid urunan mengumpulkan dana untuk membeli sebidang tanah guna membuat suatu tempat secara khusus sebagai pusat kegiatan dakwah.

BACA JUGA  Alam Mustika S.Pd Guru SMA NW Jakarta Telah Dipanggi Allah SWT Hari ini

Akhirnya sekitar tahun 1985 dibangunlah satu bangunan yang sangat sederhana untuk menampung para jamaah mengikuti pengajian, termasuk anak-anakpun awal mulanya belajar ngaji di bangunan tersebut.

Dari sejak berdirinya bangunan tersebut al marhum bersama teman-teman memberi nama majlis taklimnya dengan nama majlis taklim Nahdlatul Wathan (NW). Berangsur-angsur pelan tapi pasti sekitar tahun 1989 berdirilah TPA NW, menyusul TK NW dilanjutkan dengan SD, SMP, SMA dan MD.

Penulis bergabung dengan ponpes NW Jakarta tahun 1992, sudah berdiri TPA, TK dan SD. Subhanallah perjuangan almarhum dan teman-teman luar biasa sangat gigih dan istiqamah di jalan dakwah. Kita sekarang ini bersyukur kepada Allah dan berterima kasih kepada para pendahulu yang telah merintis perjuangan NW yang penuh dengan tantangan, dari zaman semak belukar sampai dengan sekarang ini sudah rapi, nyaman dan kondusif untuk belajar dan menyebarkan ilmu.

Sungguh mulia hati Ust. H. Darmawan, semoga amal ibadan dan jasa-jasa beliau diterima dan dibalas dengan balasan terbaik dari Allah SWT. Dan semoga keluarga yang ditinggal tetap bersabar, tabah dan ikhlas menerima mushibah ini.

Atas nama PW NW DKI jakarta, Ponpes NW Jakarta dan seluruh jamaah mengucapkan bela sungkawa yang mendalam kepada almarhum Ust. H. Darmawan, semoga Allah menjadikan kematiannya husnul khatimah, segala dosa diampuni, kuburnya menjadi raudhah min riyadhil jannah dan kelak Allah tempatkan di tempat yang terindah di surga-Nya. Aamiin (Amr)

Bekasi, 23 Ramadhan 1441 H/16 Mei 2020 M