UJIAN PTS TAHFIZH SMP LABORATORIUM JAKARTA MEDIA MENENANGKAN JIWA

banner post atas

Salah satu program unggulan SMP Laboratorium Jakarta adalah mengadakan kegiatan tahfizh bagi seluruh peserta didik. Kegiatan tahfizh ini masuk dalam pembelajaran yang disejajarkan dengan pelajaran formal. Dikatakan demikian karena jadwal pelajaran tahfiz masuk dalam jadwal kurikuler yang terlaksana dalam satu paket sekaligus. Sehingga seluruh siswa secara otomatis wajib mengikuti pelajaran tahfizh sebagaimana pelajaran-pelajaran lainnya sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Dalam faktanya seluruh siswa sangat senang mengikuti pelajaran tahfizh, karena dirancang dengan sistem yang mudah, ringan dan menyenangkan. Dikatakan mudah karena mengikuti contoh-contoh bacaan dari guru tahfizh yang ahli dibidangnya. Dikatakan ringan karena kurikulum yang diterapkan tidak memaksa peserta didik harus mencapai target yang berat. Dikatakan menyenangkan karena disertai contoh-contoh bacaan dengan menggunakan nada/lagu yang disampaikan secara talaqqi (langsung) dari guru tahfizh.

Iklan

Dimasa pandemi ini tidak menghalangi para peserta didik untuk mendapatkan kemudahan dalam belajar tahfizh. Melalui google classroom peserta didik diberi tugas untuk menyetorkan hafalannya setiap hari Jumat, tentu setelah mempersiapkan diri dari hari Senin sampai hari Kamis. Sebelum peserta didik menyetor hafalannya terlebih dahulu melihat dan mendengar contoh bacaan secara berulang-ulang dari media Youtube yang diperagakan oleh guru tahfizh.

Untuk mengetahui sejauh mana penguasaan hafalan setiap peserta didik, dibuatkanlah berbagai ujian layaknya pelajaran sekolah. Ujian-ujian tersebut meliputi PTS (Penilain Tengah Semester) Tahfizh, PAS (Penilain Akhir Semester) Tahfizh dan PAT (Penilaian Akhir Tahun) Tahfizh, Semua ujian ini memacu setiap peserta didik untuk belajar menghafal Al Quran, sehingga tidak menganggap remeh begitu saja.

Ujian PTS tahfiz semester ganjil tahun ini telah sukses dilaksankan melalui virtual dengan menggunakan aplikasi google meet selama dua hari yaitu hari Kamis dan Jumat, 15, 16 Oktober 2020 dimulai pukul 08.00 – 11.00 WIB. Dalam pelaksanaannya ini dibagi menjadi tiga sesi secara bergantian yaitu pukul 08.00 – 09.00 kelas VII, pukul 09,00 – 10.00 kelas VIII dan pukul 10.00 – 11.00 kelas IX. Yang bertugas sebagai penguji yaitu guru tahfiz SMP Laboratorium Jakarta, Marolah, S.Ag, MM dan Evi Hidayanti, A.Md.

Suksesnya pelaksanaan tahfizh ini tidak lepas dari dukungan dan support dari Direktur Akademik Yayasan Pendidikan Acprilesm Dr. Prima Sagita Setyowati, M.Si, Kepala SMP Laboratorium Jakarta Rosalina, S.Pd, M.Si, Wakil Bidang Kurikulum R. Indah Pratiwi, S.Pd, para Wali Kelas dan seluruh guru SMP Laboratorium Jakarta.

Salah seorang peserta didik SMP Laboratorium Jakarta, Sabila Ferisya kelas IX B ketika diwawancara oleh crew media SinarLIMA (Sinar5News.com) mengatakan; Saya sangat bersyukur dengan kegiatan ujian PTS tahfizh tahun ini, karena bisa mengetahui kualitas bacaan saya dan teman-teman. Disamping itu yang paling penting dapat menambah rasa iman yang melahirkan ketenangan menyelimuti jiwa dengan ayat-ayat Al Quran yang dihafalkan”. Kenyataan ini diakui pula oleh teman-teman Sabila Fersiya yang lain diantaranya M. Rifqi Alfareza dan Wildan Ramadhan.

Semoga pelajaran tahfizh ini semakin eksis dan sukses di SMP Laboratorium Jakarta, dan berdampak positif bagi peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhnahu Wata’ala. Aamiin yaa mujiibassaailiin. (Mar)

Bekasi, 29 Shafat 1442 H./16 Oktober 2020 M.