Ujian kenaikan hafalan Santri (PONPES NW JKT)

Ujian kenaikan hafalan Santri (PONPES NW JKT)

Ujian kenaikan hafalan santri adalah tahap pengujian hafalan oleh beberapa asatidz untuk mengetahui apakah santri tersebut sudah layak atau belum untuk dilanjutkan ke ayat, surat, atau juz berikutnya.

Ujian ini biasanya dilaksanakan satu kali dalam satu bulan, sebagai acuan evaluasi untuk mengetahui perkembangan kemajuan hafalan santri, dan sejauh mana kemajuan program tahfidz yang sudah berlangsung.

Peserta yang berhak mengikuti ujian ini adalah, santri yang dinyatakan sudah memenuhi kualifikasi untuk diuji sesuai dengan rekomendasi dari guru pembimbingnya.

Dalam pengujian tersebut terfokus kepada beberapa penilaian. Diantaranya; hafalan, tajwid, kelancaran, dan tartil. Diantara kriteria tersebut, hafalan dan tajwid merupakan bagian yang terpenting untuk memperoleh nilai tertinggi.

Karena beratnya kriteria yang harus dilalui, maka tak heran dari sekian banyak Santri yang diajukan ikut ujian, hanya beberapa orang yang mampu melanjutkan ke tahap berikutnya.

Disamping beratnya kriteria kelulusan, proses pengujian acak ayat dan surat, serta sambung ayat, juga merupakan tantangan berat yang harus dilalui. Karena itulah para santri harus benar-benar mempersiapkan hafalan dan mental sebelum mengikuti ujian tahfidz.

Moga Manfaat.

BACA JUGA  Ketua Umum Jurnalis Nasional Indonesia (JNI ) Minta Polisi Tindak Tegas Pelaku Intimidasi Wartawan

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA

BACA JUGA  Outing Class Taman Wisata Lebah Yayasan Pendidikan Islam Darurrahman