TGB Peroleh Penghargaan Dari Universitas Al Azhar, Sebagai Ulama’ Penggerak Islam Moderat Dunia.

banner post atas

Sinar5news.com – Mataram – Ketua Umum Tanfidzyiah Pengurus Besar Nahdlatul Wathan(PBNW) Pancor Dr.TGKH.Muhammad Zainul Majdi,MA yang akrab disapa Tuan Guru Bajang(TGB) mendapat penghargaan sebagai tokoh Alumni Al-Azhar penggerak Islam moderat dunia, yang diterima pada hari Kamis 17 oktober 2019 pukul 14.00 waktu mesir atau jumat 18 oktober 2019 malam waktu Indonesia.


Penyerahan penghargaan itu langsung diserahkan grand syeikh(rector) Universitas Al-Azhar Prof.Dr.Ahmed Al Tayeb.MA di gedung grand syeikh Kairo Mesir. Penghargaan untuk alumnus Al Azhar yang pertama di Indonesia menjabat sebagai Gubernur selama dua periode 2008 – 2018.
Sebagai salah satu tokoh alumni Al Azhar yang menonjol dalam mengukuhkan moderasi beragama(wasathiyyah al islami),nilai-nilai kebangsaan(muwathanah) dan nilai-nilai hidup berdampingan secara rukun dan damai(ta’ayusy silmiy) di Indonesia.
TGB yang merupakan Alumnus Universitas tertua didunia itu, sampai saat ini masih menjabat sebagai Ketua Umum Organisasi Internasional Al Azhar (OIAA) Cabang Indonesia.
Seremoni acara penganugerahan penghargaan luar biasa dari Al Azhar rencananya akan dihadiri juga oleh pejabat tinggi Al Azhar diantaranya Deputi Grand Syeikh Al Azhar Prof.Dr,Saleh Abbas. Pengurus Pusat The World Organization Of Al azhar Graduates(WOAG) kairo seperti Dr.Abel Fadhil El Qushi. Wakil Ketua WOAG Dr.Abel Dayem Nushair. (Sekertaris Jenderal WOAG dan Penasehat Grand Syeikh Al azhar) Mayjen Osama Yasin(Wakil Sekjen WOAG) dan beberapa tokoh lainnya.
Dalam jenjang pendidikannya TGB menamatkan sekolah dasarnya di SDN 3 Mataram, lalu melanjutkan pendidikannya ke MTs.Muallimin NW Pancor, MA Muallimin dan MDQH(Ma’ahad Dharul Qur’an Wal Hadist) setingkat perguruan tinggi.
Setelah menempuh pendidikan keagamaan di lingkungan Madasyah NW Pancor. TGB melanjutkan studinya ke Universitas Al Azhar Kairo Mesir, dengan mengambil jurusan Tafsir Al Quran. Pada tahun 2010 saat TGB menjabat Gubernur NTB, beliau menyelesaikan program studi S2 nya dan mendapat gelar Doktor dengan judul Tesisnya pada saat itu Studi Metodologis dan Analitis Tafsir Ibnu Kamal Basya dan memperoleh predikat Summa Cum Laude.
Setelah diserahkan penghargaan kepada TGB. Cucu Maulana Syaikh TGKH.Muhammad Zainuddin Abdul Majid pancor yang meupakan pendiri organisasi Islam terbesar di NTB yakni NW. akan menerima wawancara oleh berbagai media terkemuka mesir,mengenai pengalaman bangsa dan ummat Islam Indonesia. Termasuk peran yang dimainkan oleh para ulama dan tokoh agama yang ada di Indonesia. Dalam menanamkan dan mengukuhkan nilai-nilai moderasi Islam, toleransi Ummat beragama dan nilai-nilai kebangsaan.(Bul)

BACA JUGA  KHUTBAH JUMAT EDISI, 17 JANUARI 2020 HAKEKAT HIDUP DI DUNIA