SOSIALISASI UJIAN SEKOLAH SMP NW JAKARTA TAHUN 2020/2021

banner post atas

Melaksanakan ujian sekolah adalah merupakan bagian yang sangat penting untuk mengevaluasi sejauh mana penguasaan materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh para guru di sekolah masing-masing. Walaupun Ujian Nasional ditiadakan oleh pemerintah, bukan artinya tidak ada ujian. Pihak sekolah diberikan wewenang untuk mengelola proses pelaksanaan Ujian Sekolah sesuai dengan standar ujian yang telah ditetapkan. Ketentuan ini berlaku sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tercantum BAV XVI tentang Evaluasi, Akreditasi, dan Sertifikasi. Pada Pasal 58 tertulis, evaluasi hasil belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Ini berarti evaluasi atau penilaian hasil belajar siswa dilakukan oleh guru di sekolah terkait.

Hal ini juga berlaku di SMP NW Jakarta. Adalah hari ini Selasa, 19 Januari 2021 pukul 10.00 WIB diadakan rapat sosialisasi Ujian Sekolah dengan seluruh orang tua/wali dari kelas IX A, IX B dan IX C. Karena masih dalam suasana pandemi covid-19, maka rapat ini diatur secara bergelombang mulai hari Selasa sampai hari Kamis dengan tetap mengikuti prosedur protocol kesehatan yang disingkat 3 M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak).

Iklan

Sebelum masuk ke rapat inti, terlebih dahulu mendengarkan kata sambutan dari Kepala SMP NW Jakarta, Drs. Badri QH, M.Pd didampingi wakil bidang kurikulum Dra. Ismiatiningsih. Dalam sambutannya kepala sekolah banyak memberikan motivasi agar selalu bersyukur dalam keadaan apapun. Walaupun masih dalam suasana pandemi, rasa syukur itu tetap diucapkan, karena bila direnungi selama ini banyak sekali nikmat yang tercurah kepada kita. Beliau juga menyampaikan walaupun suasana serba sulit, tetap semangat memotivasi agar giat dalam belajar dan mendampingi putra-putri mereka di rumah untuk melaksanakan proses pembelajaran melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

BACA JUGA  BUMN berbagi Ke Panti Asuhan NW Jakarta

Lebih lanjut kepala sekolah menyampaikan bahwa SMP NW Jakarta tidak berharap yang muluk-muluk. Yang penting anak-anak yang belajar, disamping digembleng pengetahuan yang bersifat akademik juga digembleng karakter iman dan akhlaknya. Jika anak sudah beriman dan berakhlak, maka otomatis anak itu akan menjadi anak yang saleh dan senantiasa taat ibadah, menjaga adab kesopanan dan memiliki karakter yang mulia. Harapan terakhir, ketika orang tua mereka telah tiada, minimal mereka membacakan Al Fatihah dan doa-doa yang bermanfaat bagi keselamatan kehidupan orang tua mereka di alam kubur.

Selanjutnya tibalah pada acara inti yaitu Rapat Sosialisasi Pelasanaan Ujian Sekolah bagi kelas IX. Setelah melalui diskusi yang serius dan membuka sesi tanya jawab, maka disepakati bahwa anggaran biaya yang ditetapkan bersifat terjangkau sesuai dengan kondisi finansial para orang tua/wali. Cara pembayarannnya pun fleksibel, boleh dibayar tunai/kes atau dicicil sesuai kemampuan yang ada.

Setelah rapat ini selesai di akhiri dengan doa, semoga Allah senantiasa memberi kesehatan, keselamatan dan terbebas dari segala bala’ bencana termasuk virus corona yang masih merajalelal di dunia. Dan juga berdoa semoga Allah selalu memberi rizki, berkah dan umur panjang, serta anak-anak yang belajar di SMP NW Jakarta senantiasa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan sukses menggapai masa depan yang penuh bahagia, gemilang dan cemerlang. Aamiin (Amr)

Jakarta, 5 Rabiul Akhir 1442 H/19 Januari 2021 M