SHALAT IDUL ADHA DAN PEMOTONGAN HEWAN QURBAN DI MASJID AT TAWWABIN

0
129
banner post atas

Jumat, 31 Juli 2020 bertepatan dengan 10 Dzulhijjah 1441 H adalah hari yang sangat indah dan penuh bahagia bagi seluruh umat Islam di dunia, karena hari itu dilaksanakan secara serentak hari raya Idul Adha dengan melaksanakan ritual shalat sunnah Idul Adha dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban. Sungguh hari itu adalah hari yang sangat berkesan dan merupakan momentum untuk menjalin suasana penuh keakraban, bertegur sapa, saling berbagi dan peduli kepada sesama.

Demikian halnya yang dirasakan oleh warga dan jamaah masjid At Tawwabin perumahan Vila Gading Harapan 2, Sriamur, Tambun Utara, Kabupaten Bekasi. Tepat pukul 07.00 WIB shalat Idul Adha dilaksanakan secara khusyu’ dan penuh khidmat. Terlihat sekali raut muka yang cerah ceria para jamaah yang mengikuti kegiatan shalat Idul Adha ini.

Sebelum shalat Idul Adha ini dilaksanakan terlebih dahulu pembawa acara (MC) Naufal Dzakwan Zakianto membacakan susunan acaranya. Naufal begitu panggilan akrabnya cukup lihai membawakan acara ini, sehingga pelaksanaan shalat Idul Adha dari awal sampai akhir benar-benar berjalan lancar dan sukses. Dimulai dengan pembukaan dengan membaca surat Al Fatihah, kemudian delanjutkan dengan sambutan dari ketua pembangunan masjid At Tawwabin Bapak Sarmudi.

Iklan

Dalam sambutan tersebut Pak Sarmudi menyampaikan laporan keungan berupa pemasukan dan pengeluaran perluasan masjid At Tawwabin terhitung dari tanggal 29 Maret – 31 Juli 2020. Pemasukan dari para donatur sebesar Rp. 79.277.000, pengeluaran untuk belanja material dan biaya tukang sebesar Rp.75.541.500, sehingga saldo akhir sebesar Rp. 3.735.500. Setelah hari raya Idul Adha ini dilaksanakan, sekitar satu minggu akan dilanjutkan kembali pembangunan pengadaan gudang sebagai sarana menyimpan barang-barang masjid seperti karpet, tenda dan lain-lain.

Sebagai penutup Pak Sarmudi merngucapkan banyak terima kasih kepada para donator, para panitia dan warga yang telah mendukung pembangunan perluasan masjid ini, sehingga dapat dimanfaatkan untuk sarana ibadah dan syiar Islam. Semoga Allah membalas semua sumbangsihnya dengan pahala berlipat ganda, rizki semakin banyak dan kehidupan semkain berkah. Doa yang tulus ini diaminkan oleh para jamaah yang hadir.

Setelah sambutan, dilanjutkan dengan acara inti yaitu melaksanakan shalat Idul Adha dan Khutbahnya. Sebagai imam dan khatib adalah Ust. Amrullah, S.Ag, MM atau yang lebih popular dengan Abu Akrom. Dalam kesehariannya Abu Akrom adalah dewan redaksi media Sinar5News.com dan pengasuh Ponpes NW Jakarta. Juga sebagai guru BK (Bimbingan dan Konseling) SMP Laboratorium Jakarta dan guru Bahasa Arab di SMP NW Jakarta.

Dalam khutbahnya Abu Akrom menyampaikan rasa syukur yang setinggi-tingginya kepada Allah SWT karena dapat melaksanakan shalat Idul Adha tahun ini. Dimana sebagaimana yang telah diketahui tahun ini adalah tahun yang penuh dengan ujian berupa mewabahnya virus corona (covid 19) di seluruh dunia dan banyak terjadi kasus kematian. Data terkini per 30 Juli 2020 melansir di Indonesia kasus/korban meninggal dunia akibat covid ini sebanyak 5.058 jiwa, sementara tingkat global di dunia Internasional kasus meninggal dunia sebanyak 669.096 jiwa.

Tingginya angka kematian akibat virus corona ini, menunjukkan betapa hidup ini tidaklah lama, semua pasti akan mngalami suatu kematian suatu saat nanti. Dan tahun ini Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk melaksnakan shalat Idul Adha. Entahlah tahun depan, apakah kita masih bisa bertemu dengan shalat Idul Adha? Wallahu a’lam, hanya Allah yang maha mengetahuinya. Semoa kita diberi umur panjang, sehingga kita dapat betemu kembali dengan Idul Adha seperti sekarang ini.

Di akhir khutbahnya Abu Akrom menjabarkan tentang makna Idul Adha dan hakekat berkurban. Sesuai dengan namanya Idul Adha artinya kembali berkurban dengan memotong hewan kurban seperti kambing, sapi dan unta. Tentu kurban jenis ini adalah bagi orang yang mampu secara ekonomi. Tetapi bagi orang yang tidak mampu bisa berkurban dengan tenaga, pikiran, jiwa dan apa saja sesuai kemampuan. Karena hakekat berkurban itu adalah memberikan sesuatu kepada sesama demi terciptanya suasana keakraban yang penuh dengan kepedulian, welas asih, tenggang rasa dan tolong-menolong,

Setelah shalat Idul Adha dilaksanakan pemotongan hewan kurban berupa seekor sapi dan 4 ekor kambing. Untuk korban sapi berasal dari PT. Surveyor Indonesia melalui Bapak Dian. M. Noer sebagai Direktur Utamanya. Untuk kelancaran pengiriman sapi sehingga sapi tersebut aman dan selamat, PT. Surveyor Indonesia meugaskan Bapak Taufan Tribudi Utoma sebagai salah seorang staff di PT tersebut. Untuk pemotongan 4 ekor kambing atas nama Bapak Wasdini, Andi Nugroho, Sutriyanto dan Ibu Novita Eka Putri. Kita doakan semoga Allah menerima kurban mereka, segala usaha, harapan dan cita-cita dapat terwujud dengan mudah adanya. Semoga kehidupannya selalu diliputi limpahan keberkahan dalam harta, keluarga dan usaha yang mereka lakukan. Aamiin.

Berdasarkan pantauan media Sinar5News.com, para panitia pemotongan hewan kurban yang terdiri dari bapak-bapak dan ibu-ibu, terlihat sangat semangat, kompak, tulus dan ikhlas dalam menjalankan tugasnya. Mulai dari membantu jagal merobohkan sapi/kambing, menseset kulit, mencacah daging, memotong tulang sampai membersihkan usus/kotoran. Setelah selesai proses tersebut, daging yang akan dibagikan terlebih dahulu ditimbang dan dimasukkan ke kantong plastic yang sudah disediakan. Jumlah mustahik sebanyak 120 orang yang terdiri dari warga blok A, B dan sekitarnya.

Bakda shalat Jumat, satu demi satu para mustahik berdatangan dengan tertib untuk mengambil daging kurban dengan menunjukkan kupon yang sudah dibagikan panitia. Para mustahik yang menerima daging kurban sangat senang dan bersyukur kepada Allah atas nikmat yang diterima. (Amr)

Bekasi, 11 Dzulhijjah 1441 H/1 Agustus 2020 M