PT. Gerbang NTB Emas dan Lembaga Alumni Eropa Bangun Kerjasama

banner post atas

Mataram- Perpanjang tanganan pemerintah Jerman melalui alumni lulusan Eropa yang tergabung dalam asosiasi Lembaga Alumni Eropa (L.A.E) yang di Ketuai oleh Dipl.Ing Agus Aulia M.Sc secara khusus berkunjung ke kantor PT. Gerbang NTB Emas Rabu, 6 Januari 2021.

Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Direktur Utama dan seluruh Komisaris PT. Gerbang NTB Emas. Pertemuan berlangsung hangat dan santai di ruang rapat Kantor GNE.

Dalam pemaparannya Dirut PT. GNE Samsul Hadi memberikan gambaran sangat jelas mengenai potensi yang dimiliki NTB yang sangat potensial untuk dikembangkan baik SDM maupun SDA nya.

Iklan

Persentasi yang disampaikan oleh Dirut membuat ketua dan Pendiri Lembaga Alumni Eropa (LAE) tertarik untuk menjalin kerjasama dan bersinergi dengan BUMD yang memang konsen dan pengalaman dalam berbagai sektor yang bisa dikerjasasamakan kedepannya.

Pendiri LAE Dr. Hans Prajanto menyambut baik dan mengharapkan pertemuan pertama dan diskusi ini sebagai pembuka keran lainnya yang bisa dikerjakan kedepannya. Lebih lanjut Dr. Hans menceritakan
“Tahun 2010 di Jaypura Papua kami membuat lembaga Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) yang mencetak manusia terampil dan telaten khususnya putra daerah yang dilatih dan dimagangkan ke Jerman, lebih dari ratusan orang yang sudah dikrim ke Jerman”, ungkapnya.

Ia berharap potensi daerah digali dan mapping semaksimal mungkin untuk menjadi acuan utama jurusan magang apa yang sangat urgen di daerah tersebut, contoh Papua dengan tambang Freeportnya dan magangnya khusus mempelajari pertambangan. Dr Hans tertarik untuk mengembangkan di NTB melalui kerjasama dengan steakholder yang memang konsen dan tertarik mengembangkan ini, harapnya.

Sementara itu Ketua LAE Dipl.Ing Agus Aulia M.Sc dalam persentasinya memaparkan ada dua yang ingin difokuskan dan akan dikembangkan di NTB diantaranya adalah program mahasiswa berprestasi yang utamanya anak SMA, SMK, MAN yang akan diberikan kesempatan mendapatkan beasiswa kuliah di Jerman.

BACA JUGA  Polres Lombok Barat,Imbau Pedagang Kaki Lima Pakai APD Saat Berjualan

Disamping itu para pekerja terampil NTB kedepannya akan diberikan pelatihan magang ke Jerman untuk memfokuskan bidang apa yang memang sangat dibutuhkan, sehingga sepulang dari Jerman, skil yang didapatkan berguna untuk dikembangkan di NTB.

“Ada dari NTB yang pernah Ikut magang ke Jerman yaitu Ibu Yanti yang berasal dari Bima, pengalaman kerja sambil study di Jerman memang sangat tepat karena di Jerman kalau study itu gratis”, ungkap Agus. (Rahman)