Pelantikan Wagub Baru DKI

0
228
banner post atas

Rabu 15 april 2020 Siang ini, Pukul 13.00 WIB, Presiden Joko Widodo akan melantik Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta sisa masa jabatan 15 april 2020- 2022.

Pelantikan dengan konsep minimalis ini akan dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan mengantisipasi penyebaran Covid-19. Protokoler membatasi jumlah tamu undangan pelantikan Wagub DKI Jakarta maksimal hanya 30 orang.
Dalam upacara pelantikan tersebut, Bang Riza (sapaan akrab beliau)hanya didampingi istri dan anak-anaknya serta undangan terbatas dari kalangan pejabat Istana, pimpinan DPRD DKI jakarta dan lainnya.

Iklan

Dalam suasana bencana Covid-19 upacara pelantikan akan dilaksanakan secara sederhana selama +/- 30 menit, setelah wagub mengucapkan janji dan sumpah jabatan sebagai Wagub DKI Jakarta, maka acara pelantikan selesai dengan ucapan selamat jarak jauh dari Presiden dan hadirin lainnya tanpa hidangan kuliner.

Tugas, Pokok, Fungsi (TUPOKSI) dan wewenang Wagub diatur Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah yaitu membantu Kepala Daerah (Gubernur)

Bang Riza mendapat dukungan 81 suara (81%) dari 100 orang anggota DPRD yang memberikan suaranya pada pemilihan Wakil Gubernur tanggal 6 April 2020 lalu, Hal ini menunjukkan kepiawaian Bang Riza berkomunikasi dengan pimpinan partai politik dan anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta. Hal ini juga yang akan dapat meringankan Gubernur Anies berkomunikasi dengan DPRD sebagai mitra kerjanya.

pengalaman Bang Riza sebagai anggota DPR RI dan Wakil Ketua Komisi V bidang Infrastruktur dan Perhubungan DPR RI akan memudahkan pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersinergi dan mempererat harmonisasi dengan pemerintah pusat dan DPRD DKI.

Dalam hal ini, Bang Riza diuntungkan semesta dengan bergabungnya partai Gerindra dalam pemerintahan Jokowi.

Bang Riza akan mengemban amanat sebagai Wagub sisa masa bakti 15 April 2020-Oktober 2022. berharap Wagub baru dapat menunjukkan kinerja terbaiknya sesuai tupoksi dan wewenangnya.
Mengingat sudah hampir dua tahun lebih DKI tidak memiliki pendamping sehingga mengakibatkan pelayanan masyarakat kurang oftimal. Semoga dengan telah dilantiknya wagub baru apa yang menjadi target dan janji kampanye Anis yang mampu menumbangkan petahana mampu diwujudkan sehingga kehadiran pemimpin daerah sebagai pelayan warga benar dirasakan oleh semua lapisan warga. Sebagaimana janji kampenye. Menghadirkan pelayanan prima dan membahagiakan warganya.

“Atas nama forum kebangsaan ( pemuda NW, Patriot Bela Bangsa, reaksi cerdas foundation) mengapresiasi pelantikan wagub baru DKI guna menghadirkan percepatan serta lompatan pelayanan yg berorientasi menghadirkan kesejahteraan warga yang aman damai sentosa bermartabat.” Demikian juber forum kebangsaan Hamdan sampaikan ke sinar5news.com