Menutup Akhir Tahun Dengan Intropeksi Diri Menjadi Lebih Baik

Oleh : Rihani Evita Rosmalia

Iklan

Waktu terus berjalan, lembaran demi lembaran sudah terisi, coretan demi coretan sudah menghiasi tahun ini. Terkadang tak bermakna dan terkadang juga banyak makna.

Aku bersyukur telah melewati hari-hari di tahun ini dengan banyak peristiwa yang dapat kupetik hikmahnya di setiap momen yang aku lalui. Aku bertemu banyak orang baik di tahun ini, banyak sekali ilmu yang mereka beri kepadaku, pengalaman yang mungkin belum aku dapat dari tahun sebelumnya.

Jangan habiskan waktu untuk menyalahkan diri atau orang lain. Introspeksi adalah pelarian yang baik untuk menjadi lebih baik. Tak ada manusia yang sempurna di dunia ini, semua manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kita sebagai makhluk hidup yang di ciptakan oleh Allah SWT. Seharusnya memanfaatkan dan mensyukuri yang telah Allah berikan.

Sesungguhnya kita sebagai manusia harus selalu mengintropeksi diri, jangan sampai satu pujian yang membuat diri kita lupa akan segala jenis cobaan yang dilalui. Manusia hanyalah makhluk yang tidak kekal dan tidak abadi, semua orang akan meninggal pada waktu yang telah Allah tentukan.

Banyak orang yang intropeksi dirinya namun mereka terlalu berlebihan sehingga selalu menyalahkan dirinya. Introspeksi diri memang perlu, tapi jangan sampai terlalu menyalahkan diri sendiri.

Semoga di tahun yang akan datang kalian menjadi pribadi yang selalu mengintropeksi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik, belajar-lah dari pengalaman sebelum-nya agar kamu tidak terjerumus dalam jurang yang sama. Selalu ada pelajaran baik dari setiap kejadian yang menyakitkan, selama kau mau mengintropeksi diri.