Mantaaap!!! Job Fair Disnaker Dan Transimigrasi Lotim Hasilkan 800 Peluang Kerja, Tekan Angka Pengangguran.

FOTO : Hirsan (Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja/PPTK - Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi Lotim-NTB)
banner post atas

Sinar5news.com – Selong – Pelaksanaan Job Fair yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi Lombok Timur,Nusa Tenggara Barat(NTB) sudah masuk pada tahap menunggu hasil seleksi. Dari Job Fair itu terhimpun permintaan tenaga kerja dari beberapa Perusahaan sebanyak 800 lebih peluang kerja.

Menurut Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja(PPTK) Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi Lombok Timur Hirsan, jumlah pelamar yang masuk dalam Job Fair tersebut sebanyak 1.148 orang dan tenaga kerja yang akan diterima sekitar 800 orang lebih.

“Alhamdulillah Job Fair yang untuk pertama kalinya diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi Lombok Timur ini sudah berjalan dengan lancar dan aman. Dan melalui Job Fair ini kita bisa buka peluang kerja untuk 800 orang lebih. Sesuai dengan permintaan Perusahan. Sedangkan jumlah pelamar yang masuk sebanyak 1.148 orang,” Ungkap Hirsan.

Iklan

Ia juga menambahkan acara seleksi sudah dilakukan pada Senin(16/03/2020) kemaren namun tidak bisa tuntas keseluruhannya karena dari pihak perusahaan yang merekrut tenaga kerja ada yang tidak hadir, mungkin karena adanya Surata Edaran Antisipasi virus Corona.

“Bagi peserta seleksi yang tidak bisa hadir pada senin kemaren karena pihak perusahaan juga tidak datang karena issu Corona, maka kita minta pihak Perusahaan seperti Indomart untuk melakukan seleksi di kantor perusahaan masing-masing, karena sekarang kan tidak boleh kita kumpulkan banyak orang,dan tadi sudah saya melakukan pembicaraan dengan pihak Indomart dan mereka siap untuk lakukan seleksi dikantornya,” Imbuh Hirsan.

Hirsan juga menambahkan permintaan tenaga kerja dari Indomart tidak dapat kita penuhi kebutuhannya, karena tenaga yang dibutuhkan oleh Indomart melalui Job Fair Disnaker Lotim itu sebanyak 150 orang, tetapi yang memasukkan lamarannya ke Indomart hanya 70 orang.

BACA JUGA  Doa hari ini Selasa 13 Oktober 2020

Menyinggung soal pelaksanaan seleksi Job Fair pada senen kemaren. Dimana pada hari senin telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah dilarang untuk mengumplkan orang dalam jumlah yang banyak dalam upaya untuk mengantisipasi wabah Virus Corona,ia mengatakan hal itu tidak bisa dihindari karena itu adalah program yang telah direncanakan sejak tiga bulan lalu.

“Ada memang upaya untuk menunda acara seleksi rekrutmen tenaga kerja Senin kemaren, tapi itu tidak bisa kami lakukan karena program ini sudah direncanakan sejak tiga bulan lalu. Kalau Surat Edaran soal virus corona itu kan keluarnya hari Minggu, jadi tidak mungkin kami tunda,sementara peserta seleksi sudah penuh dari pagi dikantor kami ini,” Jelasnya.

Dari pantauan media ini sejak dibuka Job Fair tersebut, terlihat antusiasme masyarakat pencari kerja yang berdatangan ke kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi Lombok Timur untuk ikut ambil bagian melalui bursa kerja tersebut. Sehingga diawal tahun 2020 ini Disnaker Lotim menjadi Instansi yang paling banyak dicari masyarakat karena menyiapkan lapangan kerja untuk mereka.

Hirsan juga menambahkan, Job Fair ini adalah Kegiatan yang pertama kali di lakukan oleh Depnaker dan Transimigrasi Lombok Timur, karena sebelunya belum pernah ada dan mudah-mudahan kedepan kegiatan Job Fair ini bisa kita adakan sekali setahun.

“Job Fair ini terselenggara berkat kekompakan semua bidang di Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi ini, dan ini bentuk kegiatan yang berusaha untuk mengurangi angka pengangguran di Lombok Timur ini, dan dalam Job Fair ini semua tenaga kerja yang direkrut atau diterima adalah putra puri terbaik Lombok Timur,dan kita belum bisa menerima pelamar dari daerah lain,saya yakin kalau angka pengangguran bisa kita tekan, maka ekonomi masyarakat semakin baik, dan Insya Allah IPM kita bisa meningkat. Sehingga Program Pak Bupati yakni Adil Sejahtera dan Aman(ASA) juga tercapai, ” Pungkas Hirsan.(Bul)

BACA JUGA  Jasa Raharja Pimpin Satgas Mudik Gratis Bareng BUMN Jasa Raharja & BUMN Lain Siapkan 275 Ribu Tiket Mudik Gratis