Makna Ibadah

Makna Ibadah

Sinar5news.com-Jakarta-Suasana tarawih hari ke tiga di Mushalla Arrahman jln.kemuning Pasar Minggu masih ramai lancar. Dipadati jamaah  baik dari kalangan kaum hawa dan Adam serta anak².  Malam ini menjadi sangat sepesial karena juga Mushalla Arrahman didatangi ketua umum himpunan masyarakat Lombok beserta sebagian pengurusnya yang ikut melaksanakan tarawih bersama. 4/4/22
 
Bertindak selaku imam besar Habib Tuan Guru H.Mumtaz dengan bilangan tarawih 20 rekaat dan 3  witir. Ketua Himalo TGH.Muslihan Habib yang di daulat mengisi kultum membawakan materi kultum yang sangat inspiratif penuh dengan pesan nilai dan hikmah.
 
“Di awal pembangunan Masjidil haram Ketika meninggikan meningkatkan pondasi kakbah bersama putranya Ismail.  Begitu bangunan kakbah sudah berdiri setelah selesai membangun Ismail berdoa wahai Tuhan kami terimalah amal kami sesungguhnya engkau Maha mendengar lagi Maha mengetahui (Albaqoroh 127)”. Ungkapnya.
 
Makna dan korelasi ayat diatas dengan apa yang kita lakukan malam ini seiring sejalan dengan Nabiyullah Ismail. Bahwa malam ini ketika kita sudah berusaha bersusah payah melaksanakan ibadah sholat tarawih. Lalu kita mangangkat tangan dengan berdoa Wahai Tuhan kami terimalah ibadah kami karena sesungguhnya engkau adalah Maha mendengar lagi Maha melihat. Dengan demikian semua pekerjaan kita tidak ada yang sia sia”. Demikian beliau jelaskan.
 
“Ibadah adalah nama perbuatan yg umum terhadap segala macam perbuatan lahir bathin. Dan ibadah terbagi dua Makbul yang berarti diterima dan Mardud yang bermakna ditolak. Tentu kita semua disini mengahrapkan semua malam kita makbul”. Terang beliau.
 
Sambung beliau, “Adapun syarat ibadah itu makbul : Pertama, niat yang benar lurus karena Allah. Kedua, Ittiba artinya mengikuti yang sudah diajarkan Rasulullah. Semisal sholat. Wahai ummatku sholatlah sebagaimana aku sholat”. Demikian beliau utarakan.
 
Diakhir acara kita bersama melapazkan doa Ismail; Ya Allah terimalah amal kami Engkaulah Maha mendengar lagi Maha mengetahui. Acara selesai ditutup dengan bersama bersalaman.(red)

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA