Mahasiswa KKN-T Unram Desa Kembang Kerang Ajak Masyarakat Membuat Pupuk Organik

Mahasiswa KKN-T Unram Desa Kembang Kerang Ajak Masyarakat Membuat Pupuk Organik

Detikmandalika.com – Lombok Timur – Kelompok Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) Universitas Mataram dengan tema Pertanian Maju dan Berkelanjutan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi di aula Kantor Desa Kembang Kerang Kecamatan Aikmel pada hari Rabu (4/1/2023).

Kegiatan sosialisasi yang mengangkat tema “Pembuatan Pupuk Organik Berbasis Limbah Rumah Tangga dalam Mendukung Pertanian Maju dan Berkelanjutan” ini sebagai bentuk edukasi mahasiswa KKN Tematik Unram kepada masyarakat untuk mewujudkan pertanian maju dan berkelanjutan di desa Kembang Kerang.

Dalam acara sosisalisasi tersebut, mahasiswa KKN Tematik Unram mengundang pembicara dari Pemuda Tani Bonjeruk Organik (Bonjor) Lombok Tengah. Acara tersebut dihadiri oleh perangkat desa, pemuda, masyarakat setempat serta mahasiswa KKN Tematik Unram yang berjumlah 10 orang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah melihat potensi desa di bidang pertanian serta terjadinya kelangkaan pupuk subsidi. Untuk membantu mengatasi kelangkaan pupuk subsidi tersebut, mahasiswa KKN Tematik Unram menyelenggarakan sosialisasi tersebut sebagai edukasi kepada masyarakat supaya dapat membuat pupuk organik dengan memanfaatkan sisa sayur maupun bahan-bahan organik lainnya.

“Desa Kembang Kerang merupakan salah satu desa yang potensial dalam bidang pertanian, dilihat dari sumber daya alam yang memadai dan masih luasnya areal persawahan. Namun yang menjadi kendala yaitu langkanya pupuk subsidi sehingga masyarakat kami sulit untuk mendapatkan pupuk subsidi secara merata. Kami berharap dengan pelaksanaan sosialisasi ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pembuatan pupuk organik sebagai langkah dalam mengatasi kelangkaan pupuk subsidi tersebut,” ujar Sekdes Kembang Kerang.

Ketua kelompok KKN Adi Kurniawan menyampaikan bahwa tujuannya melaksanakan sosialisasi tersebut untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pemanfaatan limbah rumah tangga menjadi pupuk organik.
“Harapan kami, melalui sosialisasi ini dapat menambah wawasan kita semua sehingga dapat memanfaatkan sampah organik yang ada di sekitar kita menjadi pupuk organik yang memiliki manfaat yang sangat baik bagi pertumbuhan tanaman pertanian”, ucap Kurniawan.

Pemateri memberikan pengetahuan tentang pentingnya penggunaan pupuk organik dalam budidaya komoditi pertanian serta melakukan praktik langsung dalam pembuatan pupuk organik dengan harapan masyarakat bisa memproduksi sendiri pupuk organik tersebut.

“Pupuk organik sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman terutama dalam peningkatan produksi pertanian, mengurangi pencemaran lingkungan, dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan,” jelas Khairil, SP selaku pemateri. (Red)

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA