Lukma Nul Hakim,SE : Lomba Desa Terintegrasi di Mulai Maret 2021. Diikuti 25 Desa dan Kelurahan. Stresingnya Pencegahan Covid-19.

Foto : Lukmanul Hakim,SE ( Kabid Pemerintahan dan Kelembagaan Desa, DPMD Lombok Timur-NTB ).
banner post atas

Sinar5news.Com – Lombok Timur – Lomba Desa tingkat Kabupaten Lombok Timur, yang sempat tertunda disebabkan mewabahnya pandemic  Covid-19, kali ini dipastikan akan digelar penilaiannya mulai dari tanggal 8 Maret 2021 hingga 6 April 2021. Dimana jumlah Desa dan Kelurahan yang ikut lomba, sebanyak 25 Desa dan Kelurahan, dari 21 Kecamatan  se Kabupaten Lombok Timur.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Kelembagaan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) Lukma Nul Hakim,SE merincikan nama-nama desa dan kelurahan yang ikut dalam Lomba Desa terintegrasi tahun 2021, yang mana I Kecamatan diwakili oleh 1 Desa, terkecuali Kecamatn Selong dan Labuhan Haji diwakili oleh masing-masing 3 Kelurahan.

“Lomba Desa Tahun 2021 ini berlabel Lomba Desa terintegrasi dan diikuti 25 Desa dan Kelurahan,dari 21 Kecamatan yang ada. Sedangkan  kriteria yang akan menjadi penilaian adalah Bidang Pemerintahan,Kemasyarakatan, Kewilayahan dan penilaian terintegrasi yakni P2 WKSS,Posyandu dan Kampung Sehat, dengan mengambil tema “Desa dan Kelurahan Produktif dan aman di Masa Pandemi Covid-19,” ungkap Lukman dikantornya. Rabu (03/03/2021).

Iklan

Lukman merincikan masing-masing Desa yang ikut lomba utusan Kecamatan, diantaranya. Kecamatan Labuhan Haji menjadi kecamatan yang pertama Desanya akan dinilai yakni Senin, 8 Maret 2021 yang diwakili oleh Kelurahan Ijobalit, Kelurahan Suryawangi dan Desa Teros, untuk tanggal 9 Maret 2021 penilaian dilakukan di Desa Sembalun Kecamatan Sembalun. Tanggal 10 Maret 2021 penilaian dilakukan di Desa Lenting Sakra Timur dan Desa Tanak Kaken, Kecamatan Sakra Barat.

Berikutnya untuk tanggal 15 Maret 2021 Penilaian Lomba Desa, terintegrasi akan dilakukan di Desa Rarang Kecamatan Terara dan Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading. Tanggal 16 Maret 2021, penilaian dilakukan di Desa Pengadangan Kecamatan Pringgaselan dan Desa Masbagik Selatan, Kecamatan Masbagik. Kemudian penilaian Lomba Desa tanggal 17 Maret 2021 bertempat di Desa Labuan Pandan Kecamatan Sambelia dan Desa Pringgabaya Kecamatan Pringgabaya.

BACA JUGA  Jangan Biarkan Mereka Lapar, PBNW Bersama LPOI & LPOK Menggalang dan Menyalurkan Bantuan Sembako

Setelah dari Pringgabaya Tim Penilai Lomba Desa Kabupaten Lombok Timur, pada tanggal 18 Maret 2021 akan melakukan penilaian di Desa Gapuk Kecamatan Suralaga dan Desa Paok Pampang Kecamatan Sukamulia.  Tanggal 19 Maret 2021 penilaian dilakukan di Desa Selaparang Kecamatan Suela dan Desa Otak Rarangan, Kecamatan Wanasaba. Hari Rabu, 31 Maret 2021 penilaian di Desa Lenek Baru Kecamatan Lenek dan Desa Aikmel Barat, Kecamatan Aikmel.

Jadwal penilaian lomba Desa terintegrasi untuk tanggal 01 April 2021 bertempat di Desa Denggen Timur, Kelurahan Rakam dan Kelurahan sandubaya Kecamatan Selong. Utnuk tanggal 5 April 2021 penilaian di Desa Kabar Kecamatan Sakra dan Desa darmasari Kecamatan Sikur. Penilaian terakhir tanggal 6 April 2021 yakni di Desa Montong Belai Kecamatan Keruak dan Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru.

Kabid Pemerintahan dan Kelembagaan Desa DPMD Lotim, Lukma Nul Hakim mengatakan Lomba Desa tahun 2021 ini dalam pelaksanaannya betul-betul mengedepankan protocol kesehatan, yang sekaligus menjadi SOP dalam pelaksanaan Lomba Desa terintegrasi tahun 2021.

“Yang kita kuatkan dalam lomba desa tahun 2021 ini adalah, bagaimana sekarang, Desa-Desa itu menguatkan kembali, untuk bersama-sama mendukung dalam program pencegahan penyebaran Covid-19. Jadi soal pencegahan Covid-19 ini menjadi stressing dalam lomba desa tahun ini, dan harapan kita dengan adanya lomba desa ini adalah bagaimana Desa bisa mengevalasi diri, artinya dengan adanya lomba Desa ini, akan ada perbaikan kedepan untuk meningkatkan status Desa dari belum berkembang,berkembang menuju Desa mandiri,” pungkasnya.

Dari perhelatan Lomba Desa terintegrasi tahun 2021 tingkat Kabupaten Lombok Timur, akan memilih juara I,II dan III untuk Kelurahan, sedangkan untuk Desa akan dipilih Juara I,II,dan III bahkan sampai juara harapan I,II,III. (Bul)

BACA JUGA  Optimalisasi Penggunaan Tekhnologi Informasi Saat Pandemi Di Tanah Papua