Kader Muda PDIP layak menjadi Pengganti MenPAN-RB Tjahjo Kumolo

Kader Muda PDIP layak menjadi Pengganti MenPAN-RB Tjahjo Kumolo

Sinar5news.com- Jakarta- Dalam menentukan Pengganti MenPAB – RB Tjahjo Kumolo, Presiden Jokowi akan bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk membicarakan pengganti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo. Sebab, Tjahjo merupakan kader PDIP.

“Kewenangan mengganti menteri kan di presiden, bahwa nanti beliau akan bicara dengan ibu ketum, itu hampir pasti. Karena ini adalah kader PDIP. Hampir pasti Pak Presiden akan ketemu dengan ibu sebelum mengganti Pak Tjahjo Kumolo.

Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta pada Jumat lalu. Politikus PDIP tersebut meninggal akibat infeksi paru-paru. Tjahjo dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada Jumat sore, 1 Juli 2022.

Sebelum meninggal, Tjahjo menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Abdi Waluyo sejak 21 Juni 2022. Selama Tjahjo dirawat, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud Md ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai MenPAN-RB ad intern. Per 5 Juli, Jokowi menunjuk Mendagri Tito Karnavian sebagai sebagai MenPAN-RB ad intern.

Menurut catatan Samianto praktisi pendidikan dan Pengamat Politik (Presiden Forum Kebangsaan), PDIP banyak memiliki Stok Kader Muda yang sudah layak untuk menjadi Pengganti Tjahjo Kumolo.

Masa depan PDIP ada di tangan kader -kader muda, sesuai keinginan Ketua Umum DPP PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri – sehingga perlu ada pertimbangkan untuk mengusulkan calon pengganti Tjahjo Kumolo kepada Presiden RI, H. Ir Joko Widodo dari kader – kader muda PDIP. Ada beberapa nama calon pengganti Tjahjo Kumolo yang Forum Kebangsaan usulkan kepada Presiden RI H. Ir. Joko Widodo antara lain :

1. H. Narendra Kiemas, SH (Ketua DPP Banteng Muda Indonesia)

2. Sira Prayuna, SH (Tim Pengacara Capres Jokowi di MK Pilpres 2014 & 2019)

3. H. M. Giri Ramanda N. Kiemas, S.E., M.M (Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan).

4. Sayed Muhammad Muliady, (Mantan Anggota DPR-RI Komisi III / Tim Pengacara Capres Jokowi di MK Pilpres 2014 & 2019)

Keempat kader muda PDIP, sangat layak untuk di pertimbangkan menjadi Menteri Pengganti Tjahjo Kumolo – pengalaman mereka dalam membangun komitmen sebagai kader muda PDIP sudah tidak di ragukan lagi.

Selanjutan Forum Kebangsaan  mengusulkan kepada Presiden RI H. Ir. Joko Widodo untuk merubah posisi menjadi Menteri Dalam Negeri RI yang akan di Pimpinan Kader Muda PDIP. Sejalan dengan semangat Pemerintah pusat  kalangan muda milenial harus diberikan  ruang dan kesempatan memimpin.

Demikian hasil diskusi mingguan forum kebangsaan dalam menyikapi persoalan kabinet dan kebangsaan yang diselenggarakan di kampus Ganesha Senin kemarin bersama mahasiswa, LSM, OKP, utusan partai, akademisi, praktisi pendidikan dan kalangan Milenial entrepreneur  yang hadir. (red)

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA