Indonesia – China Jalin Kerja Sama Guna Dorong Penuh Pembangunan Pariwisata Dalam Negeri

banner post atas

Sinar5news.com – Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan bahwa Indonesia akan Jalin kerja sama dengan China melalui sektor bidang pariwisata guna mendorong penuh pembangunan ditengah sitiasi pandemi Covid-19 ini.

Kerja sama tersebut terjalin saat memperingati 70 tahun lamanya hubungan diplomatik kedua negara terjadi sekaligus dalam acara Indonesia-China Tourism and Investment Forum for 5 Key Super Priority Tourism Destinations.

Luhut menambahkan bahwa pertemuan antara kedua negara ini merupakan sekaligus menjadi bukti nyata keseriusan kedua belah pihak untuk memulihkan sistem perekonomian Nasional, terutama dalam bidang sektor Pariwisata.

Iklan

“Indonesia dan China memiliki hubungan persahabatan yang baik. Akhirnya, kedua negara ini mampu menciptakan berbagai kolaborasi dan kerja sama di berbagai sektor. Salah satunya adalah untuk memulihkan perekonomian kita di bidang pariwisata,” ujar Luhut dalam keterangan resminya, Sabtu (19/12/2020).

 

Perlu diketahui, Pemerintah Pusat saat ini tengah fokus dalam upaya pembangunan dalam sektor Pariwisata diantaranya ada lima destinasi yang diprioritaskan yakni Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Mandalika, dan Likupang dalam kerangka pariwisata berkualitas.

Untuk mencapai kesuksesan dalam pembangunan yang sudah terkonsep tersebut, tentu akan melibatkan banyak pihak guna bekerja sama, salah satunya ialah China, yang sudah bersahabat baik dengan Indonesia.

Sementara itu, dalam pertemuan penting kedua negara tersebut tidak hanya membahas perihal pariwisata saja, melainkan kerja sama yang mencakup investasi strategis, perdagangan, infrastruktur, dan kesehatan terkait pandemi Covid-19, yang diharapkan mampu mendobrak perekonomian dan kualitas hidup masyarakat Indonesia pasca pandemi.

melansir melalui laman resmi detik, Pada kesempatan itu juga, Wakil Menteri Kebudayaan dan Pariwisata dari China yakni Zhang Xu mengapresiasi pemerintah Indonesia karena keterbukaannya untuk terus membangun menjalin kerja sama demi memulihkan kondisi perekonomian di masa pandemi Covid-19. Menurutnya, China dan Indonesia telah bersahabat dengan baik.

BACA JUGA  PELANTIKAN DIREKTUR DAN PENGURUS MEDIA SINAR LIMA TAHUN 2019

 

“Pihak kami sepakat untuk terus melakukan kolaborasi internasional guna penanganan dalam pemulihan ekonomi akibat pandemi, mempromosikan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan bilateral kedua negara, terutama dalam mendukung pariwisata untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.