HIKMAH PAGI “Surga Haram untuk Orang Riya’ (Pamer) “

banner post atas

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. dari Rasulullah SAW., bahwasanya beliau bersabda :

لا خلق الله تعالى جنة عدن خلق فيها مالا عين رأت ولا أذن سمعت ولاخضر على قلب بشر ثم قال لها تكلمى فقالت قد افلح المؤمنون ثلاثا ثم قالت اني حرام على گل بخيل ومنافق ومراء .

“Ketika Allah SWT menciptakan surga Adn, Dia menciptakan di dalamnya apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah terdengar oleh telinga dan tak pernah terlintas dalam hati sanubari manusia. Kemudian Allah berfirman kepadanya : “Berbicaralah kamu”. Maka ia mengucapkan :
“Sungguh beruntung orang-orang yang beriman,’ tiga kali dan ia mengucapkan : ‘Sesungguhnya aku (Sorga) Haram bagi setiap orang yang Kikir, Munafik dan Riya’ (Pamer)’.”

Iklan

Diriwayatkan dari Imam Ali bin Abi Thalib kw. bahwasanya ia berkata : “Bagi orang yang Riya’ itu ada empat tanda, yaitu : malas beramal bila sendirian, rajin beramal bila bersama-sama dengan orang lain, meningkatkan amalnya bila dipuji, dan mengurangi amalnya bila dicela”.

*Diriwayatkan dari Syaikh Syaqiq bin Ibrahim Az-Zahid, bahwasanya ia berkata : Bentengnya amal itu ada tiga, yaitu :*

(1). Hendaknya seseorang berpendapat bahwa amal itu dari Allah Ta’ala untuk menghilangkan ’ujub (rasa heran terhadap diri sendiri),

(2). Hendaknya dengan amal itu ia mengharapkan ridha Allah untuk menghilangkan hawa nafsu.

(3). Hendaknya ia mengharapkan ridha, pahala/balasan amalnya itu hanya dari Allah, sehingga tidak menimbulkan tamak dan riya’ (pamer kepada orang orang lain).

BACA JUGA  SYAIR INSPIRATIF (33) ALLAH MAHA MELIHAT, AL BAQARAH 2:110 Oleh : Abu Akrom