-HIKMAH PAGI- PHILO SHOPIA SYAJARATUN

Hikmah
Hikmah
banner post atas

Filsafat sejarah berasal dari dua term yaitu filsafat dan sejarah. Secara harfiah filsafat berasal dari kata philo dan Sophos. Philo yang berati cinta dan Sophos yang berarti ilmu atau hikmah, dengan demikian filsafat bisa dipahami secara istilah yaitu cinta terhadap ilmu atau hikmah. Sedangkan sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu Syajaratun yang berarti pohon. Dengan demikian sejarah dapat dipahami sebagai gambaran pertumbuhan peradaban manusia. Jika disimpulkan filsafat sejarah bisa dipahami sebagai ilmu yang memberikan gambaran terhadap pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan menggunakan metode-metode pendekatan filsafat. Menurut Ibn Khaldun filsafat sejarah merupakan pengkajian aspek internal dari suatu peristiwa eksternal sejarah.

Ruang lingkup filsafat sejarah Pertama, filsafat sejarah berusaha untuk mengetahui dengan pasti factor-faktor apa yang menyebabkan sebuah peristiwa jalannya sejarah. Kedua, filsafat sejarah berusaha untuk menguji kemampuan beberapa metode ilmu sejarah serta memberi penilaian tentang hasil analisis dan kesimpulan terhadap suatu karya sejarah.

Objek dan manfaat filsafat sejarah. Objek filsafat sejarah ada dua yaitu objek material dan objek formal. Objek material adalah sesuatu yang merupakan bahan dari suatu penelitian atau pembentukan pengetahuan, sedangkan objek formal adalah sudut pandang dari mana sang subjek menelaah subjek materialnya. Adapun manfaat filsafat sejarah diantaranya yaitu dapat membentuk seseorang memiliki wawasan atau pandangan yang luas; menjadikan seseorang berfikir analitis kronologis serta arif bijaksana.

Iklan

5 November 2020

Hipzon Putra Azma

BACA JUGA  Kalak BPBD NTB Serahkan Bantuan Pipa 5,7 Km Untuk Desa Obel-Obel, Lotim – NTB