Hari Bhayangkara Ke-74: Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif

banner post atas

Sinar5news.com – Mataram – Kapolda NTB Irjen Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H. memimpin langsung acara peringatan Hari Bhayangkara ke 74 bertempat di lapangan tenis Polda NTB yang digelar secara virtual dan tersentral, dan tetap menerapkan protocol kesehatan Covid-19 pada masa transisi menuju New Normal Life. Rabu (01/07/2020)
Acara tersebut juga diikuti oleh Wakapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Asby Mahyuza, para Pejabat Utama (PJU), undangan eksternal, dan personel pembawa pataka mengikuti rangkaian upacara dengan Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Kepresidenan.

Kapolda NTB Irjen Pol. M. Iqbal ditemui usai upacara mengungkapkan, peringatan Hari Bhayangkara tahun ini dilaksanakan secara sederhana. Dimana setiap rangkaian kegiatannya mengacu pada protokol kesehatan menuju new normal life.
“Saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, sehingga peringatan Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020 ini disesuaikan dengan kondisi yang ada. Artinya, semua konsep kegiatan di masa transisi menuju new normal life harus tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Kapolda.

Iklan

Dikatakan, tahun ini peringatan Hari Bhayangkara mengusung tema “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif”. Dengan tema yang diusung tersebut Korps Bhayangkara berharap agar di masa pandemi Covid-19 ini, keamanan dan ketertiban (kamtib) tetap kondusif sehingga masyarakat dapat beraktifitas dan semakin produktif dengan diterapkannya new normal life.
“Harkamtibmas (pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, red) harus tercipta di masa transisi menuju new normal life ini. Korps Bhayangkara dan TNI dengan bergandengan tangan bersama semua stakeholder yang ada di Nusa Tenggara Barat, maka kamtibmas yang kondusif akan mampu kita wujudkan, insya Allah,” tandasnya.

Lebih lanjut Kapolda NTB menyampaikan bahwa sesuai pesan Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., agar Polri selalu ada di tengah dan untuk masyarakat dalam situasi dan kondisi (sikon) apapun, itulah sebabnya mengapa program kegiatan Polda NTB termasuk dalam perayaan Hari Bhayangkara, lebih mengarah kepada bakti sosial, dalam tugas pokok dan fungsi (tupoksi) mengedepankan humanis approach (pendekatan kemanusiaan).
“Lebih-lebih pada masa pandemi Covid-19 ini. Sejak hari pertama menginjakkan kaki di Lombok ini saya langsung menemui pemangku kebijakan di daerah, menemui para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta bersinergi dengan insan media, selain mengenalkan diri, mohon doa dan dukungan dalam mengemban amanat memimpin Polda NTB, itu sebagai langkah awal menghimpun data dan informasi untuk kemudian menjadi bahan pemetaan, demi terciptanya kamtibmas NTB yang kondusif dan gemilang,” jelasnya.
Pun terkait dengan beberapa kegiatan Polda NTB yang saat ini tengah dilaksanakan seperti Lomba Kampung Sehat “Nurut Tatanan Baru” (NTB), pendistribusian Bantuan Lauk Pauk Siap Saji (BALASA), pemberian bantuan paket sembilan bahan pokok (sembako), dan lain-lain.

BACA JUGA  IPM, Lombok Timur Mengalami Peningkatan. Naik Satu Digite Peringkat 9 Ke 8 Dari 10 Kabupaten Kota se NTB.

“Misalnya Lomba Kampung Sehat yang mengusung tema ‘Nurut Tatanan Baru’, itu merupakan wujud nyata keinginan kami Korps Bhayangkara bersama jajaran Forkopimda, dalam penanganan pandemi Covid-19 di NTB. Termasuk kemarin sore kami lakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat pengguna jalan, dalam rangka memutus rantai penyebaran pandemi,” tutup M. Iqbal.(Bul)