Gunung Semeru Kembali Erupsi, Banjir Lahar Terjang Permukiman Usai

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Banjir Lahar Terjang Permukiman Usai

LUMAJANG – Kawasan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dilanda banjir lahar hujan setelah Gunung Semeru kembali erupsi, Kamis (16/12/2021).

Tampak banjir lahar hujan memasuki dan merendam jalanan di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh.

Banjir lahar hujan yang melanda sejumlah dusun di lereng Gunung Semeru ini terjadi usai guyuran hujan deras yang berlangsung setelah Semeru menyemburkan awan panas.

Derasnya hujan membuat volume air di sungai sekitar dusun terus meninggi. Akibatnya, sungai tidak kuat menampung banjir yang membawa material vulkanik dari Gunung Semeru hingga meluber ke permukiman dan jalan desa.

Selain membawa material vulkanik, banjir lahar hujan juga membawa batang pohon dan ranting. Hal ini turut membuat panik warga dusun yang terdampak.

Diketahui, sebelum terjangan banjir lahar hujan, Gunung Semeru kembali memuntahkan awan panas guguran (APG) pada Kamis pagi sekitar pukul 09.01 WIB.

Sejumlah relawan berlarian turun dari lokasi bencana letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Mereka berupaya menyelamatkan diri dari awan panas Gunung Semeru.

Sejak erupsi besar Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021) lalu, warga di sekitar lereng gunung terus diimbau untuk selalu waspada akan potensi semburan awan panas dan banjir lahar hujan, khususnya di saat tengah malam.

*****
The Indonesian Post

 

.

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA