Diantara Catatan Redaksi SinarLima dalam Pemaparan Program Kerja PW NW DKI Jakarta pada MUSYWIL (14/6/2020).

banner post atas

Dalam acara MUSYWIL (Musyawarah Pengurus Wilayah) DKI yang dilaksanakan di Ponpes NW Jakarta, PW NW DKI TGH. Muslihan Habib, memaparkan secara panjang lebar berbagai program kerja, serta kemajuan-kemajuan dan gerakan yang telah dilakukan PW NW DKI selama jabatannya.

Dengan suara yang penuh semangat, beliau menyampaikan berbagai program dan gerakan yang telah dilakukan dan sedang dalam proses pelaksanaan.

Adapun diantara program dan gerakan yang telah dilakukan, secara umum, namun rinci beliau menyampaikan hal-hal sebagai berikut ;

Iklan

1. Gerakan di bidang ke organisasian.
Diantara gerakan ke organisasian adalah Kerjasama antara lembaga, baik dalam atau luar negeri. Seperti PW NW DKI telah melakukan kerjasama dengan Kemenag RI dalam persoalan Media. Dan menurutnya, dengan media SinarLima yang kita miliki, maka kita dapat hadir mewakili atau ngifayahi NW secara umum, ucapnya. Selain itu NW Jakarta aktif ikut serta dalam kegitan sidang itsbat. Dimana setiap tahun NW selalu mendapat undangan untuk mengikuti sidang isbat dan kita selalu hadir dan sekalian meliput acara tersebut, terangnya.

Beliau juga menjelaskan dalam keorganisasian ini tentang bagaimana, PW NW DKI yang sangat aktif mewakili PBNW dalam kerjasama dengan berbagai ormas, seperti LPOI, LPOK, MUI, Kemendikbud, NU, Muhammadiyah dan berbagai ormas lainnya. Jadi, menurutnya posisi PW NW DKI sangat sering kali mewakili PBNW dalam berbagai kegiatan dengan berbagai ormas lainnya di negeri ini, sambutnya. Sementara untuk kerjasama dengan luar negeri dicontohkan dengan kerjasama bidang dakwah internasional yang dilakukan dengan KUPU Brunei Darussalam baru-baru ini.

Dan tidak lupa pula beliau menjelaskan tentang pembentukan badan otonom muslimat NW, pemuda NW, IPNW Jakarta dan pembentukan pengurus daerah NW DKI Jakarta, Jaktim, Jaksel, Jakpus dan Jakut dan lain-lainnya.

BACA JUGA  Pemda NTB Cabut SKB Idul Fitri, Dandim Lotim Instruksikan Koramil Gerak Cepat Sosialisasikan Kebijakan Pemerintah

2. Gerakan dibidang Pendidikan.
Dalam bidang pendidikan sebagai pengurus PW banyak aktif di Ponpes NW Jakarta. Selain itu, beliau menyebut tentang pembentukan atau pendirian perguruan tinggi yang sampai saat ini masih tertunda dan belum menjadi kenyataan, seraya berharap segera terbentuknya perguruan tinggi NW Jakarta. Kemudian disebut juga tentang aktifnya dalam penelitian yang dilakukan dengan kolektif dan individu tentang NW dan Maulana Syaikh, penyusunan dan penerbitan buku ajar ke-NW-an yang sudah diterbitkan dan dipakai diberbagai jenjang lembaga pendidikan di Nahdlatul Wathan.

3. Gerakan di bidang sosial.
PW NW DKI ikut serta dalam upaya pembebasan tanah wakaf Ponpes NW Jakarta, penggalangan sembako untuk korban banjir dan termasuk korban Covid-19 saat ini. Demikian juga pada pencarian beasiswa untuk kader NW. Dan pada saat ini PW NW DKI telah bekerja sama dengan STIE GANESA, Al Aqidah dan lembaga tahfidz al-Qur’an lainnya dengan menyebut Lembaga Tahfidz Ihsan Center yang kelola TGH.Marzuki, QH alumni NW. Dan telah memasukkan beberapa kader NW di lembaga tahfidz tersebut. Terangnya.

Disamping itu, PW NW DKI Ikut serta berpartisipasi aktif dalam pencarian donatur untuk Panti Asuhan NW Jakarta.

4. Gerakan di bidang dakwah.
Untuk bidang dakwah, PW NW DKI Jakarta membuat dua gerakan dakwah, yaitu dakwah di alam nyata dan alam maya.

Gerakan dakwah di alam nyata berupa perluasan akses Majelis dakwah NW. Dan disebut juga keterlibatannya di KODI DKI Jakarta. Selain itu tentang aktifnya majelis Hizib NW, seminar yang terkait dengan Ke-NW-an, ke Islaman, penerbitan buku Ke-NW-an dan Maulana Syaikh.

Perluasan dan pergerakan dakwah dari alam maya PW NW DKI Jakarta menjadikan media Sinar Lima yang saat ini telah memiliki lebih dari satu juta pengunjung untuk sebagai wadah menyampaikan pemikiran tentang ke Islaman dan Ke-NW-an.

BACA JUGA  Dr.Ir.Hj.Sitti Rohmi Djalillah,M.Pd, Tutup TMMD Ke-109 Kodim 607/Sumbawa.

5. Gerakan dalam bidang ekonomi.
Pada saat ini PWNW DKI Jakarta sedang mengurus pembentukan dan legalitas dari LAZIS NW (Lembaga Amil Zakat NW). Terangnya dihadapan para peserta yang mengikuti MUSYWIL secara langsung dan lewat online.

Singkatnya, banyak sekali pemaparan yang disampaikan terkait dengan program kerja PW NW Jakarta yang tidak bisa diulas tuntas dalam berita SinarLima ini.

(Fath).