Arpusda Lotim, Butuh Tambahan Armada Mobil Perpustakaan Keliling

0
139
banner post atas

Sinar5news.com – Selong – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (ARPUSDA) Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat(NTB) H. Marwan,S.Pd  mengatakan memasuki fase New Normal Life angka kunjungan pembaca sudah menunjukkan peningkatan, dan tetap menerapkaan protocol kesehatan Covid-19 .

“Angka kunjungan sudah menunjukkan peningkatan saat ini, bila dibandingkan bulan-bulan sebelumnya, dan peningkatan ini didominasi oleh mahasiswa, dan pelayanan kami sampai sore bahkan sampai malam, dan kami tetap menerapkan protocol kesehatan Covid dengan ketat, kepada pengunjung atau pembaca yang datang. Dan untuk dimaklumi jumlah anggota sesuai dengan jumlah kartu anggota peminjam yang sudah kami keluarkan sekitar 5.000 orang,” Ungkap Marwan dikantornya. Kamis (06/08/2020).

Ia juga menjelaskan tentang upaya yang dilakukan dalam memajukan dunia kepustakaan di Lombok Timur, karena menurut Marwan pihaknya berkeinginan masyarakat Lotim tidak hanya sekedar membaca tetapi juga langsung mempraktikkan ilmu yang dipelajari dari bacaan tersebut.

Iklan

“Kita berkeinginan untuk membangkitkan minat baca sampai kelompok-kelompok tani, dengan maksud dari apa yang dibaca oleh petani bisa diterapkan langsung. Misalnya peternak bacalah buku tentang peternakan, dari bacaan itu lalu dipraktikkan, bagaimana bisa sapi jadi gemuk kalau makannya itu-itu saja, tetapi dari bacaan mungkin ada jenis vitamin atau racikan makanan sapi yang bisa dibuat,sehingga sapi cepat gemuk,” Harapnya.

Namun Marwan menyadari karena anggaran yang masih sangat terbatas , sehingga upaya yang mereka gagas atau lakukan belum bisa di kerjakan dengan maksimal, terutama bagaimana bisa mendatangi masyarakat untuk membawakan buku bacaan, sementar armada atau mobil untuk kegiatan tersebut sangat terbatas.

“InsyaAllah kedepan kalau ada tambahan armada berupa mobil perpustakaan keliling kita bisa turun kekelompok-kelompok masyarakat,baik untuk mendatangi perpustakaan yang ada sekolah SD maupun SMP bahkan juga kepada kelompok tani maupun nelayan, karena harapan kita, masyarakat itu gemar membaca setelah membaca langsung dipraktikkan,” Imbuhnya.

Pemenang Lomba Perpustakaan

 

Untuk meningkatkan semangat dan minat baca terhadap siswa sekolah dan pengelola perpustakaan ditingkat SMP/MTs. Dinas Arpusda Lombok Timur melakukan lomba perpustakaan dan pengelola perpustakaan yang diumumkan kamis,06 Agustus 2020 kemaren.

Juara I diraih oleh Perpustakaan SMPN 1 Sakra dengan memperoleh hadiah Uang pembinaan sebesar Rp.7,5 juta. Juara II di peroleh oleh Perpustakaan SMPN 2 Aikmel dengan hadih Rp.6 juta dan Juara III SMPN Wanasaba dengan hadiah Rp.5 juta.

 

(Bul)