Prof Dr H Agustitin: WISATA BATINIAH TENTANG IBADAH UMRAH,SERI KE SEMBILAN

Prof Dr H Agustitin: WISATA BATINIAH TENTANG IBADAH UMRAH,SERI KE SEMBILAN

Keutamaan Umroh.bagi umat Islam adalah untuk memenuhi sejumlah kewajiban yang harus dijalankan oleh umat muslim melengkapi kesempurnaan ibadahnya sebelum kita bisa menjalankan ibadah haji.

Namun, pelaksanaan ibadah haji terbatas oleh waktu, materi, serta kesediaan jumlah jamaah yang dapat melakukannya pada waktu tertentu sehingga banyak umat muslim yang belum melaksanakannya.

Sehingga kebanyakan orang lebih memilih untuk melaksanakan ibadah umroh yang terbilang ibadah sunnah. Meski tergolong sunnah, namun terdapat sejumlah keutamaan umroh yang sangat baik bila dilakukan. Apa saja keutamaan umroh? Berikut adalah dalil untuk melaksanakan umrah.

*Surat Al-Baqarah Ayat 158*
إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ ۖ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا ۚ وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ

Innaṣ-ṣafā wal-marwata min sya’ā`irillāh, fa man ḥajjal-baita awi’tamara fa lā junāḥa ‘alaihi ay yaṭṭawwafa bihimā, wa man taṭawwa’a khairan fa innallāha syākirun ‘alīm

Artinya: “Sesungguhnya Shafaa dan Marwa adalah sebagian dari syi’ar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber’umrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa’i antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui.”

*KEUTAMAAN UMRAH*

2. Doa Akan Dikabulkan
Keutamaan umroh lainnya adalah doa akan dikabulkan. Orang yang melakukan ibadah umroh merupakan tamu Allah sehingga memiliki keistimewaan dengan dikabulkan segala doa yang dipanjatkan. Penyataan ini tertuang dalam sebuah hadits yang mana berisi siapapun yang memohon ampunan dan bermohon kepada Allah maka pasti akan dikabulkan.

2. Memperoleh Keberkahan
Ibadah umroh dapat memberikan keberkahan bagi siapapun yang menjalankannya. Bila ibadah umroh dilakukan dengan hati yang ikhlas dan dijalankan dengan khusyu maka dapat menjadi ibadah yang sah atau diterima. Ketika ibadah umroh diterima, maka hidup akan dilimpahkan dengan keberkahan dan menjadi lebih baik.

3. Dijanjikan Surga
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, umroh dapat menjadi jihad bagi perempuan juga kaum yang lemah. Siapapun yang menjalankan umroh dengan hati yang ikhlas dan mengikuti tata caranya dengan benar maka akan bernilai pahala besar dan mendapatkan ganjaran surga.

5. Dijauhkan dari Kemiskinan
Setiap manusia pasti ingin memiliki hidup yang cukup dan sejahtera. Allah memberikan salah satu keistimewaan umroh dengan menjauhkan siapapun yang melakukan umroh akan dijauhkan dari kemiskinan atau kefakiran. Pernyataan ini tertuang dalam sebuah hadist yang mana disebutkan bahwa siapapun yang melaksanakan umroh akan menghilangkan kemiskinan juga dosa-dosa yang telah diperbuat.

5. Wafat Saat Umroh, Pahalanya Dicatat Sampai Hari Kiamat
Terakhir, bila seseorang wafat saat umroh maka pahalanya akan dicatat sampai hari kiamat tiba. Keutamaan umroh ini bisa diberikan ketika seseorang memiliki kekhusyukan dan menjalankan tata cara dan rukun umroh dengan benar. Walau mungkin saja rukun umrohnya belum tercapai semua, tapi Allah sudah menjanjikan pahala.

Keutamaan Ibadah Umroh
6. Menghapus Dosa
Keutamaan umroh yang pertama adalah menghapus dosa. Bila seseorang telah menjalankan ibadah umroh sebelumnya, lalu melakukan ibadah umroh pada tahun berikutnya maka dosa-dosanya diantara kedua waktu umroh tersebut akan dihapuskan.

BACA JUGA  Prof H Agustitin: Arti Hidup 'The New Normal' di Tengah Corona Jangan Dikaitkan Dengan Keyakinan Akan Kematian

7. Memperoleh Ketenangan Hati
Dengan berdoa selama menjalankan ibadah umroh, hati akan terasa tenang dan kehidupan menjadi lebih tentram. Keutamaan umroh ini memberikan wujud kekayaan dalam hati, sehingga menjadi lebih sabar dan menambah iman bagi siapapun yang melaksanakannya.

8. Memperoleh Pahala Sholat Berlipat Ganda
Mengumpulkan pahala dari sholat terbilang sulit. Bila umumnya melaksanakan sholat hanya memperoleh pahala 1 dan 27 derajat saat berjamaah, ketika sholat saat beribadah umroh pahala akan berlipat ganda. Keistimewaan umroh membuat pahala sholat saat ibadah umroh dapat mendatangkan pahala 1000 kali lipat hingga 100.000 kali lipat lho Toppers. Kebayangkan luar biasanya keutamaan umroh yang satu ini?

BACA JUGA  Prof H Agustitin: Arti Hidup 'The New Normal' di Tengah Corona Jangan Dikaitkan Dengan Keyakinan Akan Kematian

9. Meningkatkan Iman dan Takwa
Keistimewaan umroh lainnya adalah meningkatkan iman dan takwa. Dengan melakukan ibadah umroh, berarti ia berupaya untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaannya untuk memperbaiki ibadah juga perilakunya.

10. Media Jihad bagi Perempuan
Seperti yang kita ketahui, jihad adalah sebuah ibadah yang dilakukan dengan pengorbanan besar sehingga pahala yang dijanjikan adalah surga. Dahulu, jihad ditandai dengan mengikuti peperangan untuk membela Islam dan perempuan dilarang mengikuti peperangan karena fisiknya yang lemah. Sehingga Allah memberikan alternatif untuk perempuan melakukan jihad dengan cara melaksanakan haj

Persyaratan umroh –
Setiap ibadah yang kita laksanakan tentu memiliki persyaratan yang harus dipenuhi. Diterima atau tidaknya ibadah kita bergantung pada ketentuan syarat ibadah tersebut. Hal ini pun berlaku pada ibadah umroh.

Umroh atau umrah adalah salah satu kegiatan ibadah yang dilakukan oleh umat Muslim dengan menjalani ritual ibadah di tanah suci Mekkah. Umroh juga kerap disebut dengan haji kecil.

Untuk melaksanakan ibadah ini, ada beberapa persyaratan umroh yang harus kamu penuhi nih Toppers. Persyaratan tersebut yakni syarat secara Islam maupun kelengkapan dokumen persyaratan umroh ketika melakukan keberangkatan.

Lantas apa saja persyaratan umroh tersebut? Mari simak ulasannya berikut ini!

Syarat Umroh Secara Islam
1. Beragama Islam
The Independent
Persyaratan umroh yang paling utama adalah beragama Islam. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa ibadah umroh adalah ibadah yang dilakukan oleh umat Islam. Tidak wajib dan tidak sah hukumnya bagi umat agama lain untuk melakukan ibadah umroh.

2. Berakal
Persyaratan umroh selanjutnya yakni berakal atau tidak gila. Ibadah umroh tidak wajib dilakukan oleh orang yang tidak memiliki kesadaran diri, sakit atau menderita gangguan kejiwaan.

3. Baligh
Sumber Gambar: Tribun News
Seorang Muslim yang telah masuk masa baligh dibebankan untuk melaksanakan ibadah umroh. Masa baligh ini ditandai dengan kedewasaan secara fisik. Bila ibadah umroh dilakukan pada masa kanak-kanak, itu tidak akan menggantikan ibadah umroh ketika dewasa nanti.

4. Memiliki Kemampuan
Selanjutnya, syarat secara Islam untuk menunaikan ibadah umroh adalah memiliki kemampuan. Kemampuan di sini memiliki arti kemampuan mengerjakan ibadah dari segi kekuatan fisik, finansial, waktu yang disisihkan sampai kepada mendapat izin untuk melaksanakannya. 

5. Merdeka
Sumber Gambar: BBC
Syarat secara Islam untuk melaksanakan ibadah umroh yakni merdeka. Syarat merdeka ini berlaku untuk para hamba abdi atau budak yang memiliki kewajiban mengurus keperluan tuannya.

BACA JUGA  Taat tanpa Batas oleh : Prof Harapandi

Bila tidak mendapat izin untuk melaksanakan umroh maka tidak wajib bagi mereka untuk melaksanakannya. Namun jika diperbolehkan, mereka tetap akan mendapat pahala.

6. Disertai Mahram
Terakhir, persyaratan umroh secara Islam adalah disertai mahram. Syarat ini berlaku bagi kaum wanita nih Toppers. Wanita yang tidak memiliki mahram yang menemaninya ketika melakukan ibadah umroh maka mereka tidak dibebani kewajiban umroh.

Namun, tetap dihitung sah bila wanita yang terlanjur melakukan ibadah umroh tanpa mahram tetapi melanggar larangan Allah untuk tidak bepergian jauh tanpa mahram.

*Rukun Umroh*

1. Niat/Ihram
Sumber Gambar: About Islam
Semua kegiatan pasti diawali dengan niat, termasuk ibadah umroh. Dalam ibadah umroh, niat ini diberi istilah ihram. Orang yang akan melakukan ibadah umroh menggunakan pakaian ihram (tanpa jahitan) dan melafazkan niat dari Miqat (titik awal memulai ibadah umroh).

2. Tawaf
Rukun umroh selanjutnya adalah tawaf. Tawaf yakni mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Titik awal Thawaf ini dimulai dari Hajar Aswad dan dianjurkan untuk mengusap Hajar Aswad ketika melewatinya.

Bila tidak memungkinkan untuk mengusap Hajar Aswad, jama’ah diperbolehkan dengan hanya memberi isyarat berupa lambaian tangan ke arah Hajar Aswad.

Ketika melakukan Thawaf kita diperbolehkan pula untuk berdzikir maupun melafadzkan doa atau harapan yang dimiliki.

3. Sa’i
Sumber Gambar: Kabar Makkah
Sa’i adalah berlari-lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah. Rukun umroh yang satu ini dilakukan sebanyak tujuh kali. Tidak ada doa yang wajib dibacakan, sehingga dalam melakukan Sa’i kamu diperbolehkan untuk memanjatkan doa yang diinginkan.

BACA JUGA  Prof Dr H Agustitin: MENCINTAI YANG DI CINTAINYA 

Rangkaian ibadah Sa’i ini berasal dari kisah Siti Hajar ketika mencarikan minum bagi Ismail saat masih kecil. Istri nabi Ibrahim itu berlari bolak-balik mencari air dari sumber mata air yang kini dikenal dengan mata air zam-zam.

4. Tahallul
Rukun umroh yang berikutnya adalah Tahallul. Tahallul bermakna melepaskan diri dari larangan ihram seperti mencukur rambut  atau menggunting rambut paling sedikit tiga helai rambut.

Tahallul ini dilakukan di luar Masjidil Haram dekat Bukit Marwah. Setelah melakukan Tahallul, jama’ah bebas dari larangan ketika menunaikan ibadah umroh.

5. Tertib
Sumber Gambar: Asia News
Rukun umroh yang terakhir adalah tertib. Tertib memiliki maksud bahwa para jama’ah ibadah umroh harus melaksanakan segala rukun umroh satu persatu atau sesuai urutan dan aturan yang ditetapkan.

Pastikan ketika melaksanakan rukun umroh kita tidak boleh melewatkan atau melompati rangkaian ibadah umroh, ya Toppers.

Itu dia penjelasan mengenai rukun umroh. Sebelum menunaikan ibadah umroh ada baiknya untuk memahami lebih banyak tentang ibadah ini agar ibadah umroh yang dilakukan dapat diterima.

Sebab, bila salah satu rukun umroh ditinggal kan secara sengaja atau tidak sengaja akan membuat ibadah umroh tidak sah.

Marilah kita tunaikan ibadah umroh selagi ada waktu dan kesempatan! Lengkapi semua kebutuhan sebelum berangkat umroh di Tokopedia Salam agar ibadah umroh jadi berkah!

Baca Selanjutnya

DARI PENULIS

BERITA TERKAIT

IKLAN

TERBANYAK DIBACA

BACA JUGA